Kemenkumham Jatim Berharap Seluruh Pemda Implementasikan Rencana Aksi HAM

Kemenkumham Jatim Berharap Seluruh Pemda Implementasikan Rencana Aksi HAM Kakanwil Kemenkumham Jatim, Imam Jauhari. Foto: Humas Kemenkumham Jatim.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kanwil Kemenkumham Jatim targetkan seluruh pemerintah daerah di Jawa Timur mengimplementasikan Rencana Aksi Ham (RAN).

Kakanwil Kemenkumham Jatim, Imam Jauhari melalui keterangan tertulisnya mengatakan, pemerintah daerah memiliki peran yang signifikan dalam mendorong dan mengimplementasikan program-program pemajuan Ham di daerah.

“RAN adalah cetak biru pemerintah pusat dan daerah dalam aktivitas pemenuhan, pemajuan, penghormatan, perlindungan, dan penegakan ,” kata Imam Jauhari, Minggu (9/4/2023).

Pria asli Pamekasan itu menuturkan, bahwa RAN berfokus pada empat sasaran kelompok rentan, diantaranya perempuan, anak, penyandang disabilitas dan masyarakat adat.

"Penetapan fokus ini bertujuan untuk semakin meningkatkan implementasi, pemantauan, serta evaluasi RAN melalui sinergi antar instansi baik di pusat ataupun daerah," paparnya.

Selain itu, ia berharap, dapat menjadi terobosan dalam menyelesaikan berbagai tantangan dan mempercepat dalam mengimplementasikan program-program Nasional. Hal itu, merujuk pada hasil capaian Aksi tahun 2022, maka dapat menjadi evaluasi bagi Kemenkumham dan Pemprov Jatim untuk aksi 2023.

Lihat juga video 'Momen Haru Warga Binaan Lapas Ngawi Buka Bersama Keluarga':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO