Penuhi Janji Kampanye, Bupati Situbondo Beri Insentif untuk 3.345 Ketua RT

Penuhi Janji Kampanye, Bupati Situbondo Beri Insentif untuk 3.345 Ketua RT Bupati Situbondo, Karna Suswandi, saat foto bersama para ketua RT.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Bupati , Karna Suswandi, memenuhi janji kampanyenya dengan memberikan insentif senilai Rp500 ribu untuk 3.345 Ketua RT. Penyaluran insentif dilaksanakan mulai 4-6 April 2023.

"Saya sudah melaksanakan dengan tuntas janji kampanye. Guru ngaji janji Rp1,5 juta sudah saya tunaikan, Madrasah diniyah sebagai dana saringan dari pemerintah provinsi sudah saya tunaikan, pupuk gratis sudah, program Sehati susah ditunaikan," ujarnya kepada awak media di GOR Serbaguna Rengganis, Rabu (5/4/2023).

Pimpinan daerah yang akrab disapa ini mengatakan bahwa insentif diberikan agar RT mampu memberikan pelayanan terbaik, sesuai dengan yang diharapkan bersama. Sehingga, berbagai bentuk permasalahan dan program bisa diselesaikan sampai tingkat RT

"RT yang menjadi tumpuan program tentu saja harus mendapat perhatian yang berimbang dari pemkab. Karena RT bukan saja melaksanakan program dari Desa. Namun juga program dari pemerintah daerah yang diluncurkan ke kecamatan, kemudian ke desa atau kelurahan. Wajar jika pemkab memberikan insentif, sebagai bentuk perhatian dan kepedulian, sekaligus penggugah semangat untuk bisa bekerja lebih baik lagi," paparnya.

Sementara itu. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) , Suriyatno, menyatakan penyaluran insentif untuk Ketua RT ini juga dibarengi pelatihan peningkatan kapasitas SDM dari pihaknya.

"Kegiatan ini dikemas dalam 'Peningkatan kapasitas SDM dan penyaluran insentif Ketua RT se-Kabupaten tahun 2023'. Pelaksanaannya di 17 kecamatan se-Kabupaten ," tuturnya.

Lebih detail, Sekretaris DPMD , Akhriat Syahada Alam, mengapresiasi apa yang dilakukan bupati dan menyebut ini bagian dari pelaksanaan Permendagri no 18 tahun 2018 tentang Lembaga Kesejahteraan Desa (LKD).

"RT adalah bagian dari LKD. Pak Bupati melihat siapa yang membantunya yang terdekat dengan lingkungan, menyelesaikan berbagai masalah di bawah, seperti terkait masalah kesehatan, masalah pembangunan. Ujar Akhriat

Akhriat menjelaskan dana insentif Ketua RT sebesar Rp1.672.500.000,00. disalurkan melalui mekanisme bank yang telah ditunjuk pemerintah daerah yaitu Bank Jatim.

"Hari ini sudah bisa diterima, Kalau seluruh perlengkapannya terpenuhi. Masing-masing akan mendapat transfer sejilai Rp500 ribu, dipotong pajak Rp15 ribu, dan Rp30 ribu mengendap di rekening," Jelasnya

Pantauan Bangsaonline.com di lokasi sebelum penyerahan insentif secara simbolis kepada ketua RT se kecamatan (Kota), dilaksanakan sesi pelatihan peningkatan kapasitas Sumberdaya Manusia (SDM).

Ada tiga materi pelatihan yang disampaikan, yaitu Tugas dan fungsi lembaga kemasyarakatan Desa dan lembaga adat Desa. Materi ini disampaikan oleh Ari fajariyanto kepala bidang pembangunan desa DPMD.

Materi kedua disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) , Wawan Setiawan. Dan materi ketiga Permendagri 18 tahun 2018 tentang lembaga kesejahteraan desa, yang disampaikan oleh Amirul Musthofa sebagai ketua Forum Komunikasi RT se-Kabupaten .

Penyerahan insentif RT ini mendapat respons positif dari berbagai kalangan. Salah seorang Ketua RT dari Desa Kotakan. Suswanto merasa senang dengan bantuan insentif ini. Ia menyampaikan dengan insentif RT ini akan memberikan motivasi untuk bekerja dan melayani masyarakat dengan lebih baik.

"Tentu saya senang, dan terima kasih kepada Bupati Karna yang telah memikirkan RT. Ini akan memberikan semangat lebih untuk berkerja". Tuturnya.

Sedang, Ketua Komisi I DPRD , Hadi Priyanto menyambut baik program insentif RT ini. Ia mengatakan ini program yang sangat baik sebagai bentuk perhatian pemkab terhadap RT.

"Ini bagian reward terhadap RT. Karena RT bagian dari organisasi pemerintah, yang bertugas melayani masyarakat ditingkat bawah". Tutur Hadi di kantor DPRD, Rabu (05/04/2023).

Hadi berharap dengan insentif ini, Ketua RT dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Jangan melihat besarnya, saya harap pak RT bisa menerima dan lebih bersemangat melayani masyarakat ". Jelasnya.

Lihat juga video 'Mobil Pikap Pengangkut Cabe Terguling di Jalur Pantura Situbondo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO