Langganan Banjir, Dinas SDACKTR Pasuruan Keruk Sungai GCA

Langganan Banjir, Dinas SDACKTR Pasuruan Keruk Sungai GCA Pengerukan sungai di GCA (Gempol Citra Asri).

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Untuk memperlancar aliran air di sekitar GCA () Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya, dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan melakukan pengerukan sungai setempat menggunakan alat berat.

Pengerukan sungai pembuangan tersebut dilakukan mulai Rabu (28/3) kemarin. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengantisipasi genangan air saat musim hujan lantaran sudah bertahun-tahun sungai tersebut tidak dinormalisasi.

Menurut Ahmad Tolib, salah satu relawan FPRB Kecamatan Gempol, Kegiatan tersebut sudah berjalan sejak dua hari yang lalu. Penanganan yang dilakukan berupa pembersihan ilalang dan lumpur di sepanjang sungai sepanjang 200 meter.

"Warga merasa terbantu sekali dengan normalisasi tersebut. Mudah-mudahan warga sekitar rumahnya tidak tergenangi air lagi saat hujan tiba," jelasnya.

Kegiatan yang sama juga dilakukan di empat desa di wilayah Gempol, yakni , Desa Kejapanan, Desa Watukosek, dan Desa Winong yang setiap tahun menjadi langgaran genangan banjir saat musim berlangsung lantaran saluran irigasi mengalami pendangkalan.

Hadi Suar, salah satu pemerhati lingkungan, berharap tidak membuang sampah ke sungai setelah dilakukan normalisasi oleh Pemkab Pasuruan. Sebab, hal itu dapat mengakibatkan aliran sungai tidak lancar.

Selain itu, ia juga meminta masyarakat menggalakkan kegiatan kerja bakti. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '6 Hari Terseret Banjir, Petani di Pasuruan Ditemukan Mengapung':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO