PLN Nusantara Power Raih Sertifikat Green Building

PLN Nusantara Power Raih Sertifikat Green Building Pihak PLN Nusantara Power saat menerima sertifikat Green Building.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - PT Nusantara Power Unit Pembangkitan Gresik mendapat sertifikat Green Building peringkat GOLD dengan total nilai 77 dalam kategori Greenship Existing Building/Gedung Terbangun.

Penghargaan ini merupakan kali pertama di Indonesia, dan menjadikan Gedung Service Building Nusantara Power Unit Pembangkitan Gresik menjadi 1 dari 60 gedung di tanah air yang mendapatkan predikat serupa.

Direktur Utama Nusantara Power, Ruly Firmansyah, mengatakan bahwa capaian ini merupakan salah satu kontribusi pihaknya dalam gerakan untuk bumi yang lebih hijau. Ia menyebut, perusahaan memang berkomitmen untuk terus menjalankan bisnisnya yang berlandaskan pengelolaan lingkungan menuju lebih asri dan lebih hijau.

" NP UP Gresik membuktikan komitmen kami dalam upaya memerangi pemanasan global. Di samping berbagai inovasi yang kami telurkan dalam bidang operasi, kami juga mendukung agar infrastruktur lainnya tetap hijau," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Rabu (29/3/2023).

Tolok ukur dalam penyematan green building dilakukan GBC dengan menggunakan sistem penilaian yang disebut Greenship. Semua kelas memiliki tolok ukur sendiri untuk dievaluasi. Berbeda dengan di Jepang, penilaian untuk green building dinamai CASBEE (Comprehensive Assesment System for Built Environment Efficiency) dan di Inggris disebut dengan BREEAM (Building Research Establishment Environmental Assesment Method).

Hingga 2022, hanya ada 60 gedung di Indonesia yang telah mendapatkan Green Building Certification atau memenuhi kriteria sebagai bangunan hijau dari Green Building Council Indonesia (GBCI). Dari 60 gedung yang mendapat sertifikat Green Building, hanya 22 gedung yang mendapat peringkat platinum, 35 bangunan menerima peringkat emas dan tiga bangunan menerima peringkat perak.

Senior Manager Unit Pembangkitan Gresik, Sidik Wiyono, mengungkapkan rasa syukurnya. "Upaya lain dalam memerangi pemanasan global akan terus kami genjot dan kami maksimalkan, disamping dengan tekad serta komitmen dari karyawan yang bertugas di UP Gresik yang telah terbukti membawa hasil membawa UP Gresik menjadi Green Building di Indonesia," paparnya. (diy/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO