105 Bacakades 2023 di Bangkalan Ikut Uji Kompetensi

105 Bacakades 2023 di Bangkalan Ikut Uji Kompetensi 105 Bacakades 2023 di Bangkalan yang mengikuti uji kompetensi.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Terdapat 105 peserta dari 15 desa di 9 kecamatan mengikuti uji kompetensi bakal calon kepala desa (Bacakades) . Kegiatan ini berlangsung di gedung milik Universitas Trunojoyo Madura, Selasa (28/3/2023).

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) , Rudianto, mengatakan bahwa pihaknya menggelar agenda tersebut kepada Bacakades yang persertanya melebihi dari 5 orang, hal ini mengacu pada Peraturan Bupati (Perbup) No. 51 Tahun 2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa dan Pemilihan Kepala Desa Antarwaktu.

"Pelaksanaan ujian ini merupakan salah satu variabel tambahan Pilkades serentak untuk gelombang ke II yang meliputi empat variabel, penilaian pengalaman kerja, umur, pendidikan dan hasil uji kompetensi yang masing- masing memiliki bobot penilaian 25 persen," ujarnya.

Sesuai regulasi yang ada, kata Rudianto, DPMD telah menentukan Fakultas Hukum Universitas Trunojoyo Madura Sabagai lembaga independen pelaksana seleksi uji kompetensi bacakades 2023, sehingga penyelenggaran dapat berjalan dengan objektif serta menjunjung tinggi intregitras.

"Peserta akan mengerjakan sebanyak 100 soal dalam waktu 120 menit dengan materi yang diujikan yang diantaranya pengetahuan ketatanegaraan, Undang-undang Dasar, Pengetahuan Tentang Desa serta Pancasila dan agama," ungkapnya.

Setelah proses pengerjaan ujian dan menerima hasil pengumuman dari panitia, DPMD bakal melakukan pengumuman untuk para peserta yang akan lolos untuk kemudian dilakukan penetapan sesuai prosedur yang sudah ditentukan.

"Lalu setelah pelaksanaan ujian oleh panitia penyelenggara (UTM), nilai akan diserahkan ke TFPKD, dan kemudian akan diserahkan ke camat untuk ditindak lanjuti ke P2kd masing-masing desa, lalu yang melakukan akumulasi nilai serta menentukan 5 yang terpilih nantinya itu p2kd," pungkasnya. (mil/uzi/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semakin Ketat, Penyekatan Jembatan Suramadu Dilakukan di Dua Sisi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO