TP PKK Bandar Kidul Wakili Kota Kediri di Ajang PKK Sehat Lestari Berencana Provinsi Jawa Timur

TP PKK Bandar Kidul Wakili Kota Kediri di Ajang PKK Sehat Lestari Berencana Provinsi Jawa Timur Paparan tentang pelaksanaan PHBS di Kelurahan Bandar Kidul yang dilaksanakan secara daring. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - TP PKK mengikuti tahap paparan tentang pelaksanaan (Pola Hidup Bersih dan Sehat) , Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, di Command Center Pemkot Kediri, Selasa (28/3/2023).

Hal itu dilakukan setelah TP PKK berhasil menjadi pelaksana terbaik di Kota Kediri kategori pola hidup bersih dan sehat () dan lingkungan bersih dan sehat (LBS). Berkat prestasi tersebut, TP P berhak mewakili Kota Kediri untuk maju ke tingkat provinsi.

Amelia C Wongkar, Ketua TP PKK , mengatakan merupakan bagian dari pembangunan dan pemberdayaan masyarakat beserta keluarga yang bertumpu pada kegiatan-kegiatan kelompok swadaya masyarakat, PKK, dan institusi KB-kesehatan di desa/kelurahan dengan kader-kader sebagai ujung tombak, serta keluarga sebagai fokus sasaran utama.

Menurutnya, keterpaduan kegiatan ini melibatkan kelompok masyarakat untuk dapat meningkatkan taraf kesehatan, pemberdayaan keluarga di bidang ekonomi, serta menjadi peserta KB.

"Beberapa poin yang menjadi fokus pelaksanaan di antara lain: penggunaan jamban sehat, penggunaan air bersih di dalam rumah tangga, kebiasaan mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, serta pengelolaan sampah di dalam rumah tangga," kata Amelia.

"Setelah melakukan paparan, selanjutnya kita tunggu keputusan dewan juri. Kalau lolos maka nanti akan ada kunjungan dari Pokja IV TP PKK Provinsi Jawa Timur selaku dewan juri untuk meninjau di lapangan," imbuhnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO