Ramadhan 2023, Lumbung Kebaikan Kediri Targetkan Santuni 1.000 Lansia

Ramadhan 2023, Lumbung Kebaikan Kediri Targetkan Santuni 1.000 Lansia Ketua Harian Lumbung Kebaikan Kediri, Fuad Fauzi (nomor 2 dari kiri), bersama Tim saat mengemas paket sembako yang akan dibagikan kepada para lansia. Foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Lumbung Kebaikan , sebuah perkumpulan yang fokus kepada membantu para lansia, pada bulan Ramadhan tahun ini, menargetkan memberi bantuan sembako dan alat solat kepada 1.000 lansia di Kabupaten dan Kota .

Ketua Harian Lumbung Kebaikan , Fuad Fauzi, mengatakan bahwa untuk Ramadan 2023 program Lumbung Kebaikan memang difokusnya untuk para lansia. Programnya sendiri berkaitan dengan kebutuhan lansia yang pertama yaitu pangan.

"Jadi masalah pangan ini, pada bulan Ramadhan menjadi sesuatu yang penting bagi para lansia dan akan kita fokuskan, mengingat bulan Ramadhan (biasanya) harga sembako pada naik, kebutuhan sehari-hari juga semakin banyak," ujarnya di Desa Toyoresmi, Kecamatan Ngasem, Kabupaten , Senin (27/3/3/2023) sore.

Menurut dia, pada program ini yang akan dipersembahkan untuk lansia adalah berupa sembako khusus seperti beras merah, susu yang rendah lemak, madu dan sebagainya yang dirasa memang pas untuk lansia.

Sedangkan program yang ke dua, lanjut Fuad, adalah pemberian sarana ibadah, seperti sarung, mukena, busana muslim dan sajadah. "Jadi, selain diberi bantuan paket sembako, para lansia juga akan dibantu alat-alat beribadah,"imbuh Fuad.

Fuad berharap di bulan Ramadan ini, Lumbung Kebaikan , bisa mempersembahkan 1000 bingkisan untuk para lansia di Kabupaten dan kota.

Ditambahkan oleh Fuad, selama ini Lumbung Kebaikan sudah melakukan bakti sosial berupa pengobatan gratis dan lumbung saji di beberapa tempat di Kabupaten seperti di wilayah Kecamatan Tarokan, Plosoklaten, Badas dan Kepung.

"Saat menggelar bakti sosial berupa pengobatan gratis, kami sekaligus juga menggelar lumbung saji yang merupakan bagian dari pangan, tapi pangan yang siap santap secara prasmanan. Para lansia habis di cek kesehatannya, kemudian langsung diajak makan bersama,"terang Fuad.

Selain program pangan dan kesehatan pagi lansia, menurut Fuad, Lumbung Kebaikan juga ada progam madrasah untuk lansia, seperti memberi pelajaran mengaji untuk lansia dan belajar solat.

"Harapan para lansia di hari tuanya adalah ingin bahagia. Makanya selain diberi bantuan sembako, juga diajari ngaji, bagie yang belum bisa ngaji, cara solat dan program yang terkait dengan agama,"tutup Fuad. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO