Kembali Gelar Program Mudik Gratis, Pemprov Jatim Siapkan 161 Bus hingga Kapal

Kembali Gelar Program Mudik Gratis, Pemprov Jatim Siapkan 161 Bus hingga Kapal Gubernur Khofifah saat menyapa peserta mudik gratis.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - kembali menyediakan fasilitas mudik gratis bagi masyarakat. Mereka sudah bisa mendaftarkan diri dalam program tersebut mulai hari ini, Senin (27/3/2023).

Gubernur menjelaskan, ada sebanyak 161 armada Bus yang telah disiapkan dalam mudik gratis yang diberangkatkan dari Surabaya menuju ke 17 kabupaten/kota tujuan di Jawa Timur.

Bahkan, juga menyediakan mudik gratis dengan menggunakan 1 kapal yang bisa menampung 2.400 penumpang, dan mengangkut 400 motor lebih dengan rute Jangkar-Raas bagi masyarakat kepulauan.

“Mulai hari ini, tanggal 27 Maret sampai dengan 10 april 2023 melalui alamat website mudikgratis.dishub.jatimprov.go.id masyarakat bisa mulai mendaftarkan diri secara online. Kami menyiapkan 161 armada bus untuk mudik gratis, 400 kendaraan motor siap diangkut, dan kapal laut bagi masyarakat di wilayah kepulauan,” kata di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Ia mengungkapkan, sebelum melaksanakan pendaftaran online masyarakat harus memenuhi sejumlah persyaratan pendaftaran, di antaranya dengan mengirimkan fotokopi KTP dan KK secara online, serta sudah vaksin booster.

“Pemberangakatan mudik gratis untuk area Jawa Timur akan dimulai pada tanggal 19 April 2023 dan diberangkatkan di Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Jalan Ahmad Yani 268 Surabaya,” tuturnya.

Ia merinci, jumlah armada yang berangkat pada 19 April 2023 sebanyak 90 Bus dengan tujuan di 20 kabupaten/kota.

Adapun jurusan atau rute mudik gratis diantaranya Surabaya-Madiun, Surabaya-Magetan, Surabaya-Ponorogo, Surabaya-Nganjuk, Surabaya-Tulungagung, Surabaya-Blitar, Surabaya-Trenggalek, Surabaya-Bondowoso, Surabaya-Pacitan, Surabaya-Jember. Selain itu, juga Surabaya-Malang-Blitar, Surabaya-Banyuwangi, Surabaya-Ngawi, Surabaya-Tuban, Surabaya-Sumenep, Surabaya-Bojonegoro.

“Total bus antar-kabupaten/kota di Jatim yang akan diberangkatkan dari Kantor Dishub Jatim sebanyak 90 armada,” ucap khofifah.

Selain itu, juga akan menyiapkan mudik gratis bagi masyarakat asal Jatim yang tinggal dan bekerja di Ibukota Jakarta sebanyak 34 bus dimana sebanyak 20 bus akan diberangkatkan pada tanggal 18 April menuju Jatim dari Jakarta yang tepatnya dari anjungan Jawa Timur TMII Jakarta serta armada bus balik gratis dari Jatim menuju ke Jakarta sebanyak 14 bus.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO