23 Warga Binaan Beragama Hindu di Jatim Dapat Remisi Khusus Nyepi

23 Warga Binaan Beragama Hindu di Jatim Dapat Remisi Khusus Nyepi

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com memberikan remisi khusus Nyepi 2023 kepada 23 (WBP).

, Kepala , mengatakan 23 tersebut mendapatkan remisi berdasarkan surat keputusan (SK) kolektif dari Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham. 

"Dalam SK tersebut, ada 23 warga binaan yang mendapatkan remisi khusus Nyepi," ujar Imam seraya menambahkan bahwa mereka ada yang mendapatkan remisi 15 hari hingga paling lama 60 hari.

Menurutnya, jumlah WBP yang mendapatkan remisi kali ini sesuai dengan jumlah yang diusulkan. Sebelumnya, ada 39 lapas/rutan/lembaga pembinaan khusus anak jajaran  mengusulkan 23 WBP untuk mendapatkan remisi khusus hari raya Nyepi.

Warga binaan yang diusulkan mendapatkan remisi adalah yang dikategorikan remisi khusus (RK) 1, yakni tetap harus menjalankan sisa pidana, ataupun kategori RK 2 yang langsung bebas setelah mendapatkan remisi.

"Awalnya kami mengusulkan 23 orang semuanya RK 1, namun ketika proses verifikasi ada seorang WBP ketika sudah mendapatkan RK Nyepi 2023, expirasinya lebih maju dan dikategorikan menjadi RK 2, sehingga bisa langsung bebas pada 23 Maret 2023," terangnya.

Karena bersifat khusus, remisi yang diberikan dalam rangka peringatan hari raya Nyepi 1945 Saka itu hanya diberikan kepada warga binaan yang beragama Hindu.

Jika digolongkan menurut tindak pidananya, ada 12 warga binaan tergolong pelaku tindak pidana khusus. Sedangkan 11 orang lainnya pelaku tindak pidana umum.

"Mereka tersebar di 9 lapas dan 3 rutan," pungkas Imam. (cat/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sempat Kabur Bawa Mobil Dinas dan Tabrak Pagar Rudenim, WNA Palestina Diamankan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO