Dorong Percepatan Reaktivasi Kereta Api Madura, Gubernur Khofifah Surati Menhub

Dorong Percepatan Reaktivasi Kereta Api Madura, Gubernur Khofifah Surati Menhub Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak, saat memberi sambutan dalam FGD Reaktivasi Kereta Api Madura.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak, menegaskan bahwa pihaknya mendukung proyek strategis nasional untuk mereaktivasi jalur kereta api di

Ia menyebut, Gubernur telah bersurat pada Menteri Perhubungan agar mendorong percepatan reaktivasi sejumlah jalur kereta api di Jawa Timur, termasuk di antaranya adalah reaktivasi jalur kereta api di .

“Ibu gubernur telah bersurat ke Kementerian Perhubungan untuk mendorong percepatan program reaktivasi dan peningkatan jalur kereta api di wilayah Jawa Timur, termasuk di antaranya reaktivasi kereta api di ,” ujarnya dalam FGD Reaktivasi Kereta Api , Selasa (21/3/2023).

Emil menjelaskan, surat yang dikirimkan tersebut tertanggal 9 Februari 2023. Menurut dia, reaktivasi jalur kereta api telah masuk dalam 7 besar prioritas reaktivasi jalur mati Jatim, berdasar pada Kajian Direktorat Perkeretaapian Kementerian Perhubungan di tahun 2022.

“Jalur reaktivasi kereta api dengan rute Kamal-Bangkalan-Sampang-Pamekasan-Sumenep ini masuk dalam prioritas ke tujuh kajian tersebut. Maka bersama sama kita dorong menjadi number one priority,” paparnya.

Tidak hanya itu, wagub juga menegaskan bahwa reaktivasi jalur kereta api di ini telah tertuang dalam daftar proyek strategis nasional di Peraturan Presiden (Perpres) nomor 80 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan, Kawasan Bromo-Tengger-Semeru, serta Kawasan Selingkar Wilis dan Lintas Selatan.

Ia mengakui, untuk me-reaktivasi jalur kereta dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, dan berdasarkan kajian Kemenhub, nilai investasi yang dibutuhkan mencapai Rp3,375 triliun, yang diharapkan PT KAI bisa mendanai proyek tersebut. Namun, kata Emil, dilihat dari nilainya yang besar, kemungkinan akan kesuitan jika reaktivasi tersebut hanya menhandalkan PT KAI.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO