Berikut Pesan Wali Kota Kediri saat Peringati Hari Peduli Sampah Nasional

Berikut Pesan Wali Kota Kediri saat Peringati Hari Peduli Sampah Nasional Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, dan Ketua TP PKK Kota Kediri, Ferry Silviana Abu Bakar, di acara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di BTN Rejomulyo. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali Kota , Abdullah Abu Bakar, mengajak masyarakat untuk terus mengurangi produksi sampah. Sebab, TPA pada wilayah yang dipimpin menerima 140 sampah setiap harinya.

"Nanti saya akan buat surat untuk pusat-pusat perbelanjaan agar mereka tidak menggunakan tas plastik. Apalagi saat ini ada yang berbahaya yakni sampah micro plastic. Kalau kita konsisten, kita bisa menurunkan sekitar 20 persen sampah yang dibawa ke TPA," ujarnya saat peringatan Hari Peduli Sampah Nasional, Selasa (21/3/2023).

Ia menyebut, Pemkot akan terus mengajak masyarakat mengampanyekan untuk mengurangi sampah plastik, dan tidak boleh ada lagi masyarakat yang membuang sampah di sungai lantaran dapat menyumbat aliran. Lalu di tingkat rumah tangga sudah dimulai untuk memilah sampah, sampah organik bisa dimanfaatkan untuk dibuat pupuk maupun mikroenzim.

"Saya terus ingatkan penggunaan plastik sekali pakai harus dikurangi. Kita terus berkampanye untuk menjaga lingkungan. Di Kota ini ada sekitar 4.000 biopori untuk mengatasi banjir," tuturnya.

Wali Kota menambahkan, kader bank sampah di Kota telah diikut sertakan dalam BPJS Ketenagakerjaan. Keikutsertaan kader bank sampah dimulai tahun ini, sebab pekerjaan memilah sampah ini juga memiliki risiko.

"Saya rasa kader bank sampah ini perlu dicover juga. Pekerjaannya juga mengandung risiko apabila terjadi sesuatu di kemudian hari ini bisa menjamin. Jadi ada benefit lebih apabila menjadi kader bank sampah," imbuhnya.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO