Pusat Observatorium Itera Lampung akan Lakukan Pengamatan Hilal Ramadhan 2023

Pusat Observatorium Itera Lampung akan Lakukan Pengamatan Hilal Ramadhan 2023 Pusat Observatorium Itera Lampung akan Lakukan Pengamatan Hilal Ramadhan 2023. Foto: Ist

LAMPUNG, BANGSAONLINE.com - Pusat Observatorium Astronomi Itera Lampung () akan lakukan pengamatan hilal Ramadhan (2023) di Kompleks Stasiun Pengamat Bulan (OZT-ALTS) Taman Alat MKG Itera pada Rabu (22/3/2023).

Adapun pengamatan menggunakan Teleskop Robotik OZT ALTS yaitu refraktor triplet apokromat dengan diameter 152 mm dengan panjang fokus 1.200 mm. Selain itu juga menggunakan detektor kamera CCD monokrom berkecepatan tinggi dengan filter inframerah, dan kamera CMOS berwarna.

Teleskop OZT merupakan teleskop robotic buatan Jerman, ASTELCO yang diberikan melalui bantuan Pemerintah Arab Saudi.

Teleskop yang ada di Kampus Itera ini merupakan salah satu dari 14 teleskop yang ada di dunia yang digunakan untuk pengamatan bulan Internasional.

Moedji Raharto selaku Kepala Pusat mengatakan, selain Teleskop OZT, tim juga akan menggunakan empat teleskop portabel Barride Optics A-102 (diameter 102 mm, fokus 900 mm).

"Kami juga akan membukan pengamatan hilal Ramadhan ini untuk umum, bagi masyarakat yang berminat silakan hadir dengan melakukan pendaftaran", ujar Moedji.

Pengamatan hilal dilakukan dengan mengikuti penanggalan awal bulan Hijriah yang ditandai dengan terlihatnya (atau terhitung dapat terlihatnya) bulan sabit muda (hilal) pada saat matahari tenggelam pada tanggal 29 bulan Hijriah.

Penentuan awal Ramadhan 1444 H akan tetap mengikuti ketetapan pemerintah Republik Indonesia melalui yang dikoordinasikan oleh .

telah melaksanakan pengamatan hilal sejak tahun 2017. menjadi salah satu pusat pengamatan hilal di Indonesia dan selalu berkomitmen untuk tetap melayani permintaan masyarakat mengenai adanya pengamatan hilal di Itera.

(ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO