Resmikan Gedung Baru Dinas Peternakan, Wagub Emil: Dari Peternakan Jawa Timur untuk Indonesia

Resmikan Gedung Baru Dinas Peternakan, Wagub Emil: Dari Peternakan Jawa Timur untuk Indonesia

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak meresmikan gedung baru untuk Kantor Dinas Peternakan Provinsi Jatim, Jalan A. Yani Surabaya, Kamis (16/3/23).

Dalam kesempatan tersebut, wagub yang akrab disapa Emil itu menyampaikan beberapa cita-cita Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk dinas peternakan. Salah satunya adalah menjadi pusat lumbung pangan nasional.

"Beliau berpesan pentingnya menjaga status kita sebagai lumbung pangan nasional kita. Kita juga punya padi, jagung, dan tebu yang melimpah. Ini memberi kita potensi untuk menjadi gudang ternak. Makanya, visi kita adalah dari Jawa Timur untuk Indonesia, utamanya juga berkaitan dengan peternakan," ujarnya.

Emil menjelaskan, visi tersebut bukan sesuatu yang mustahil, sebab Jawa Timur memang dianugerahi dengan bahan panganan berlimpah. Salah satunya adalah peternakan sapi potong yang mencapai 4,9 juta ekor.

"Jadi 27% populasi sapi potong itu ya dari Jawa Timur, nomor satu nasional. Sedangkan kontribusi kita untuk sapi perah lebih ekstrem lagi, karena lebih dari separuh populasi sapi perah itu dari Jawa Timur dengan kontribusi susu segarnya hampir 60%," jelasnya.

Lebih dari itu, ayam petelur di Jawa Timur saat ini berjumlah 119 juta ekor. Ayam petelur berkontribusi hingga sepertiga dari populasi ayam petelur di seluruh Indonesia.

"Jadi ini adalah hal yang lumrah kalau kita menjadi gudang ternak nasional. Siapa yang ada di garda terdepan? Tentunya dinas peternakan," terangnya.

Oleh karena itu, pembangunan gedung kantor baru merupakan hal yang vital. Sebab, dibutuhkan fasilitas layak untuk menjadi produktif dan mewujudkan visi-misi yang ada.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO