Budayakan Gotong Royong, Warga RT 06 Desa Winong Madiun Urunan Rabat Jalan

Budayakan Gotong Royong, Warga RT 06 Desa Winong Madiun Urunan Rabat Jalan Warga RT 06 Dusun Gebangan saat membenahi jalan yang rusak di tepi kantor Desa Winong, Kecamatan Gemarang, Kabupaten Madiun. Foto: HENDRO SUHARTONO/BANGSAONLINE

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Warga RT 06 Dusun Gebangan berbondong-bondong mendatangi ujung jalan tepi kantor Desa Winong, Kecamatan Gemarang, Kabupaten . Mereka bergotong-royong membenahi jalan di Gang Gandrung yang telah rusak berat dimakan usia.

Kerukunan ini memang tidak mengada-ada. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Ketua RT 06, Agung Doni. Bahwa kebersamaan warga sudah terbukti dan terlihat dengan mereka bersama-sama mengerjakan rabat jalan masuk lingkungan.

"Ini semua warga saya mas. Mereka mengerjakan ini tanpa paksaan dan inisiatif bersama. Karena kita melihat jalan masuk kesitu sudah rusak parah," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (14/3/2023).

Doni semakin membeberkan bentuk kebersamaan warga di Rtnya. Selain dalam bekerja juga masalah pendanaan untuk mendatangkan materialnya. Mereka melakukan swadana.

"Untuk dana kita lakukan secara urunan mas. Yang lewat jalan situ kita Bebani minimal 200 ribu per somah (rumah). Namun banyak warga di luar jalan itu juga ikut urunan walaupun tidak sebesar itu. Dan kita tidak memaksanya," pungkasnya.

Ini membuktikan bahwa tingkat kepedulian antar tetangga masih tinggi. Dan tidak termakan adanya teknologi yang semakin canggih adanya.

Keadaan ini juga dibenarkan oleh salah satu warga yang tidak mau disebut namanya dan saat itu juga ikut mengerjakan rabat jalan masuk rumahnya.

"Kula nek Arto sak monten mboten wonten mas. Gadah Kula namung tenaga. Nggih Kula sengkut Leh tandang gawe (Saya kalau uang segitu tidak punya mas. Punya saya hanya tenaga. Maka saya ikut sumbang tenaganya)." tegasnya. (dro/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO