Hari Jadi Kabupaten Kediri Bakal Dimeriahkan Festival 1.000 Barong

Hari Jadi Kabupaten Kediri Bakal Dimeriahkan Festival 1.000 Barong Seni barong yang akan tampil di Kawasan SLG untuk meriahkan Hari Jadi Kabupaten Kediri. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Festival 1.000 barong yang dijanjikan Bupati Hanindhito Himawan Pramana untuk memeriahkan rangkaian peringatan Hari Jadi ke-1219 Kabupaten Kediri tahun 2023 ini, bakal diwujudkan.

Festival yang dalam dua tahun terakhir tak dihelat lantaran pandemi Covid-19 tersebut bakal digelar di kawasan (SLG), Minggu (12/3/2023) besok.

Peserta yang dilibatkan dalam festival ini sebanyak 2.400 barong. Bukan hanya dari Kediri, namun sebagian juga berasal dari luar kota.

"Peserta dari luar kota hampir separuhnya, ada dari Tangerang, Jakarta, Bandung, Sumatera, sampai ada yang dari Ambon juga mendaftarkan diri," kata Adi Suwignyo, Ketua Panitia Hari Jadi Kabupaten Kediri, Jumat (10/3/2023) kemarin.

Ia mengungkapkan, meski pendaftaran telah ditutup karena target peserta telah terpenuhi, tetapi peserta yang ingin turut serta meramaikan festival itu masih cukup banyak.

"Mereka tetap kita tampung karena ingin ikut meramaikan," ujar pria yang juga Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri itu.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO