Mantan Wakil Ketua Badan Siber dan Sandi Negara Akan Kunjungi Situs Ndalem Pojok di Kediri

Mantan Wakil Ketua Badan Siber dan Sandi Negara Akan Kunjungi Situs Ndalem Pojok di Kediri

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mantan Wakil Kepala () Komjen Pol Dharma Pongrekun diagendakan berkunjung ke Persada , Minggu (12 /03/2023). Situs tersebut merupakan rumah masa kecil Presiden bertempat di Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Ketua Harian Persada , Kushartono, menjelaskan sesuai rencana, kunjungan Komjen Pol Dharma Pongrekun akan diawali dengan napak tilas Rumah Masa Kecil Situs Persada .

"Beliau akan kita ajak melihat taman , tempat kecil bermain dan jatuh hingga luka di keningnya yang kemudian membuat jika mengenakan songkok miring," kata Kushartono, Sabtu (11/3/2023).

Selain itu, Dharma Pongrekun akan melihat pohon yang masih tegak berdiri, meski pohon tersebut sudah mati dan kini dijadikan monumen.

"Arti penting pohon ini adalah pohon yang telah mempersatukan cinta dua pasang anak manusia keturunan Bali dan Kediri. Hingga lahirlah bayi Koesno- keturunan Bali dan Kediri," papar Kushartono.

Pihaknya juga akan mengajak Dharma Pongrekun melihat kamar Koesno, yakni tempat pergantian nama Koesno menjadi , lalu ke kamar muda , hingga meninjau kamar khusus Presiden saat kunjungan resmi kepresidenan di Ndalem Pojok pada awal tahun 1946.

"Jika masih ada waktu, kami juga ingin mengajak beliau menengok pohon kepuh, tempat di mana dulu muda sering merenung hingga melahirkan Pancasila," tambah pria yang pernah mendapatkan penghargaan dari Kapolri terkait perannya dalam Binlat l Pancasila dan Cinta Tanah Air ini.

Selain napak tilas rumah masa kecil Situs Persada , ada doa bersama untuk bangsa dan NKRI, pesan-pesan kebangsaan, dialog, dan ramah tamah.

Sementara itu, Lukito Sudiarto, Ketua DPC PCTA Indonesia Kediri, menambahkan bahwa mantan perwira melati tiga itu juga akan memimpin doa bersama untuk bangsa dan negara, bersama tokoh lintas agama yang tergabung dalam organisasi Persaudaraan Cinta Tanah Air Indonesia yang Dijiwai Manunggalnya Keimanan dan Kemanusiaan Kediri.

"Setahu kami beliau Pak Dharma Pongrekun ini sangat getol dalam urusan bela negara dan cinta tanah air Indonesia. Untuk itu, napas dan spiritnya sangat cocok, pas dengan Persaudaraan Cinta Tanah Air Indonesia. Nah, di antara wujud cinta tanah air Indonesia itu dalam kunjungan ini kita akan mengadakan doa bersama masyarakat, bangsa dan NKRI. Terlebih ini kan ada isu krisis pangan dunia," ujar Lukito. (uji/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO