Haul Agung Ke-546 Sunan Ampel, Khofifah: Ajarannya Jadi Referensi Revolusi Mental

Haul Agung Ke-546 Sunan Ampel, Khofifah: Ajarannya Jadi Referensi Revolusi Mental

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ribuan jemaah menghadiri Haul Agung ke-546 atau yang lebih dikenal Sunan Ampel, Jumat (10/03/2023) malam. Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa, turut larut dalam lantunan bacaan doa, dzikir, dan tahlil bersama peziarah yang datang dari berbagai pelosok tanah air.

"Mudah-mudahan semua yang hadir di sini akan mendapat berkah dari semua kebaikan-kebaikan yang telah dicatatkan. Mengingat, tepat hari ini baru memasuki hari ketiga pada nisfu sya'ban. Kita masuk lembaran ketiga buku baru catatan amal kita," doa Gubernur di Makam Sunan Ampel saat menyampaikan sambutan.

Gubernur kemudian menjabarkan sosok Sunan Ampel. Beliau merupakan salah satu yang memiliki karomah sangat tinggi. Sosoknya dikenal dengan kemampuan noto (menata) akhlak, noto kesantunan, dan noto ketertiban masyarakat.

"Masing-masing memiliki karomah masing-masing. Ketika berbicara revolusi mental, maka kita berbicara soal karakter bangsa. Itulah yang ditanamkan oleh Sunan Ampel, karakter kesantunan dan karakter akhlak. Oleh karena itu, haul ini merupakan momentum yang tepat untuk kita jadikan referensi bersama pada Haul ke-546 Sunan Ampel ini. Dan saya katakan, Sunan Ampel adalah punjer Surabaya dan Jawa Timur," tutur .

Ketua Umum PP Muslimat NU ini juga mengharapkan atas banyaknya hal baik yang dilahirkan Sunan Ampel dan diteruskan oleh masyarakat, bisa membawa semua yang hadir masuk surganya Allah SWT secara rombongan bersama beliau. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah SWT pada Surat Az-Zumar ayat 73.

"Kita semua yang hadir di sini, seluruh peziarah, berharap ketika suatu saat Sunan Ampel R.A. masuk Surganya Allah SWT, kita akan bisa ikut rombongannya beliau. Semoga seluruh catatan kebaikan baik di bulan Sya'ban dan bulan-bulan sebelumnya bisa terus terjaga dengan baik. Dan, ketika meninggal dalam keadaan husnus khatimah. Amiiin," doa Gubernur di akhir sambutannya.

Nyai H. Saniyah Ubed, Ketua Panitia Haul ke-546 Sunan Ampel menyampaikan terima kasihnya atas kehadiran para peziarah, terutama Gubernur yang turut hadir malam ini.

Diketahui, acara haul tersebut merupakan puncak haul khusus Muslimat. Sejalan dengan Gubernur , pihaknya pun berharap agar para peziarah yang jumlahnya meningkat di bulan Rajab, Sya'ban, dan Ramadhan ini akan mendapat keberkahan dan doa-doanya diijabah.

"Saya selaku panitia haul berterima kasih atas kehadirannya di malam ini. Ini adalah acara puncak khusus untuk Muslimat. Sunan Ampel adalah salah satu dari yang termasuk sesepuh. Selain berdakwah, beliau juga mendirikan pesantren pertama dan sangat peduli pada pendidikan. Dari kearifan beliau tumbuhlah ulama di Bumi Nusantara ini," pungkasnya. (dev/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO