Bupati Kediri Minta Duta Genre Ikut Berperan dalam Pencegahan Pernikahan Dini

Bupati Kediri Minta Duta Genre Ikut Berperan dalam Pencegahan Pernikahan Dini Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana di antara juara putra dan putri duta genre. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati Kediri -himawan-pramana" rel="tag">Hanin Himawan Pramana meminta Duta Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Kediri menyebarkan ajakan kepada kalangan remaja untuk mencegah .

Hal tersebut disampaikannya dalam acara pemilihan 2023 di Pendopo Panjalu Jayati, Kamis (9/3/2022).

Putra Menseskab Pramono Anung itu menyebut, salah satu tantangan yang dihadapi di Kabupaten Kediri saat ini yakni banyaknya anak muda mengajukan dispensasi .

"Ini tidak hanya bisa diselesaikan dinas KB, harus kerja bersama baik pemerintah kabupaten, pemerintah kecamatan, pemerintah desa, sosialisasi bahwa menikah di usia matang itu sangat penting," kata Dhito.

Menurutnya, salah satu kunci pencegahan utama yakni keluarga. Peran keluarga sangat penting untuk memberikan bekal pendidikan bagi anak, sehingga kejadian seperti hamil di luar nikah yang dapat menjadi salah satu faktor penyebab dapat dihindari.

Pada tahun 2030, Indonesia akan mengalami bonus demografi, di mana penduduk mayoritas berusia produktif. Dalam hal ini, peran duta genre sangat penting dalam membentuk pola pikir remaja untuk merencanakan masa depannya dengan terencana.

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO