HUT Satpol PP, Satlinmas, dan Damkar, Gubernur Khofifah: Tingkatkan Profesionalisme dan Integritas

HUT Satpol PP, Satlinmas, dan Damkar, Gubernur Khofifah: Tingkatkan Profesionalisme dan Integritas Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menjadi inspektur di upacara gelar pasukan peringatan HUT ke-73 Satpol PP, HUT ke-61 Satlinmas, dan HUT ke-104 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tahun 2023 di Alun-Alun Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jatim Indar Parawansa menyampaikan beberapa pesan saat menjadi inspektur di upacara gelar pasukan peringatan HUT ke-73 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), HUT ke-61 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), dan HUT ke-104 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tahun 2023. Upacara itu diselenggarakan di Alun-Alun Kabupaten Tuban, Rabu (8/3/2023).

Di hadapan jajaran satpol PP, satlinmas, serta pemadam kebakaran dan penyelamatan, Gubernur memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih atas seluruh dedikasi pengabdian dalam mengemban tugas. Terutama dalam memberikan perlindungan serta pelayanan yang tulus demi mewujudkan kamtibmas di Jawa Timur. Sehingga masyarakat merasa aman, tertib, tenteram, dan kondusif.

“Pesan saya, tingkatkan profesionalisme dan integritas demi mewujudkan wilayah tertib, aman, dan ramah investasi,” ungkapnya.

Gubernur perempuan pertama di Jawa Timur itu menekankan pentingnya menjaga iklim investasi di daerah di tengah ketidakpastian ekonomi global. Mengingat, seluruh negara di belahan dunia menghadapi potensi mengalami resesi ekonomi.

juga mengingatkan amanat Presiden Joko Widodo dalam rakornas kepala daerah dan forkopimda 2023 di Sentul Bogor, Januari lalu, agar seluruh pemerintah provinsi, kabupaten/kota bersama forkopimda mampu menarik investasi.

“Karena investor akan masuk jika suasana aman, ketertiban terkendali dan masyarakat kondusif. Untuk itu peran satpol PP, satlinmas, serta pemadam kebakaran dan penyelamatan sangat dibutuhkan untuk menjaga kondusivitas,” tegasnya.

Untuk itu, diperlukan penguatan profesionalitas dan integritas dengan mempertahankan sikap humanis agar memberikan kenyamanan bagi masyarakat dan para pelaku usaha untuk beraktivitas.

“Karena keputusan pelaku usaha untuk berinvestasi tidak hanya didasarkan pada nilai keekonomian, akan tetapi atas dasar kenyamanan dan juga kemudahan serta produktivitas berusaha,” katanya.

Lebih lanjut disampaikan , satpol PP dan satlinmas, pemadam kebakaran dan penyelamatan berperan dalam penyelenggaraan urusan wajib pelayanan dasar trantibumlinmas sesuai dengan UU. Yaitu menciptakan situasi/kondisi yang memungkinkan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat untuk dapat melakukan kegiatannya dengan aman, tenteram, tertib, dan teratur.

“Hal ini diharapkan akan meningkatkan daya tarik dan kemudahan berusaha bagi investor dan pengusaha lokal untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah,” katanya.

Menurutnya, hal ini sesuai tema yang diangkat dari Peringatan HUT ke-73 Satuan Polisi Pamong Praja, HUT ke-61 Satuan Perlindungan Masyarakat dan ke-104 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan tahun 2023, yakni ‘Mewujudkan wilayah Jatim yang tertib dan ramah investasi melalui satuan polisi pamong praja dan satuan pelindungan masyarakat serta pemadam kebakaran dan penyelamatan yang profesional’.

Dalam kesempatan ini, Gubernur juga mengingatkan semakin dekatnya tahun politik, pada 2024. Ia berpesan kepada jajaran satpol PP, satlinmas, dan pemadam kebakaran dan penyelamatan untuk bersiap dan siaga mengantisipasi dinamika yang menyebabkan instabilitas di berbagai lini.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO