Ketua TP PKK Kota Kediri Buka Deklarasi dan Diskusi Panel Cegah Kekerasan pada Anak

Ketua TP PKK Kota Kediri Buka Deklarasi dan Diskusi Panel Cegah Kekerasan pada Anak Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abdullah Abu Bakar saat dialog dengan salah satu siswa. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Siswa-siswi SMP/MTs dan SMA/SMK/MA di Kota Kediri mengikuti deklarasi pencegahan kekerasan pada anak, di Ruang Ki Hajar Dewantara Dinas Pendidikan Kota Kediri, Selasa (7/3/2023).

Deklarasi ini juga diikuti secara daring di sekolah masing-masing. Acara deklarasi pencegahan kekerasan pada anak dan diskusi panel ini dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Kota Kediri .

Dalam sambutannya, Istri Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar itu mengatakan pencegahan kekerasan pada anak harus terus digelorakan. Supaya ada upaya preventif dari semua pihak.

"Seperti kita tahu, di sosial media banyak berita mengenai kasus kekerasan dan bullying pada anak," ujarnya.

Karena itu, komunikasi dan kedekatan harus dibangun oleh orang tua dan guru kepada anak. Sebab anak banyak menghabiskan waktunya di rumah dan di sekolah.

Dengan adanya kedekatan dan komunikasi yang baik, upaya preventif bisa diterapkan oleh anak-anak. Begitu juga, apabila anak-anak menjadi korban harus berani untuk berbicara.

"Memang secara nurani pasti ada rasa malu dari korban untuk mau berbicara. Tetapi dengan adanya kedekatan, anak-anak ini harus berani bercerita kepada orang tua dan guru. Tidak ada pemakluman untuk tindakan kekerasan pada anak dan bullying," ungkapnya.

-sapaan akrabnya- berharap melalui deklarasi yang sudah dilakukan bisa menekan tindakan kekerasan pada anak dan bullying. Menurutnya, lingkungan aman dan nyaman harus diciptakan untuk anak-anak Kota Kediri. 

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO