Jelang Diresmikannya MCC, Diskopindag Kota Malang Gelar Pelbagai Acara

Jelang Diresmikannya MCC, Diskopindag Kota Malang Gelar Pelbagai Acara Masyarakat mengunjungi pameran buku yang digelar Diskopindag Kota Malang. Acara itu menjadi even pembuka jelang peresmian MCC.

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota menggelar berbagai acara jelang peresmian Malang Creative Center (MCC).

Sejumlah kegiatan itu antara lain, book fair, pameran foto arsitektur, workshop akreditasi perpustakaan digital, literasi kreatif dari Museum Musik Indonesia, workshop arsitektur digital, dan dialog budaya.

Kemudian ada pelatihan dan pameran literasi, sarasehan sejarah, Dialog Kota Literasi Kreatif, workshop menulis bahan ajar guru, dan ditutup dengan Workshop Nyai Putut yang dikemas secara apik dengan jadwal yang terstruktur.

Rangkaian acara ini merupakan kolaborasi Pemkot bersama Ikapi (Ikatan Penerbit Indonesia), Komite Ekonomi Kreatif Kota, Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), dan Academic Assosiation of Creative Economic (AACE) yang digelar pada 2-6 Maret 2023.

Kepala Diskopindag Kota, Eko Sri Yuliadi, menyampaikan jika MCC akan diresmikan pada 21 Maret mendatang. Namun, persiapan sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu dan hingga saat ini masih berjalan terus. Sesuai jadwal, Gedung MCC akan diresmikan oleh Presiden Jokowi.

"Makanya kegiatan-kegiatan di MCC tidak pernah berhenti. Artinya sambil memberikan informasi kepada masyarakat bahwa MCC ini sudah siap untuk dipergunakan," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Minggu (5/3/2023).

Ia menyebut, ada belasan sub sektor ekonomi yang akan digerakkan sebagai pemberdayaan ekonomi kreatif dan saat ini sudah berjalan.

"Untuk 17 sektor ekraf (ekonomi kreatif) sudah terpenuhi semua. Tinggal nanti yang komersil kami pacu untuk segera melakukan persiapan-persiapan. ada sekitar 300 pendaftar dan yang sudah dilakukan verifikasi ada 121 pelaku ekraf," tuturnya.

"Ke-17 sektor ekonomi kreatif tersebut meliputi kriya, seni pertunjukan, desain produk, seni rupa, kuliner, fotografi, musik, arsitektur, desain interior, fesyen, film (animasi) dan video, desain komunikasi visual, televisi dan radio, periklanan, penerbitan, aplikasi serta pengembangan permainan (game)," paparnya menambahkan.

Lihat juga video 'Warung Bebek Goreng H. Slamet di Kota Malang Terbakar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO