Buka Bursa Pariwisata Jatim 2023, Khofifah Tekankan Semangat IKI untuk Optimalkan Sektor Pariwisata

Buka Bursa Pariwisata Jatim 2023, Khofifah Tekankan Semangat IKI untuk Optimalkan Sektor Pariwisata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, mengunjungi booth di Bursa Pariwisata Jatim 2023.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Jawa Timur mempunyai potensi wisata yang sangat besar dengan 1.516 destinasi yang tersebar di seluruh daerah. Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa, menekankan pentingnya pendekatan inisiatif, kolaborasi, dan inovasi (IKI) untuk mengoptimalkan potensi tersebut.

Hal itu disampaikan saat membuka Bursa 2023 bertempat di Grand Atrium Surabaya, Jumat (3/2). Menurutnya, IKI dapat menjadi solusi dalam menjawab tantangan perubahan dan ketidakpastian dunia. Ia mendorong seluruh pihak berkolaborasi serta berinovasi dalam pengembangan sektor pariwisata.

"Saya berharap seluruh insan pariwisata di Jawa Timur dapat membangun partnership dengan daerah-daerah dan negara-negara lain untuk meluaskan jejaring kepariwisataan. Bagaimana kita saling bertukar skill, akses, dan penguatan SDM di masing-masing entitas kepariwisataan," jelas gubernur perempuan pertama di Jawa Timur itu.

Dengan 1.516 destinasi wisata yang dimiliki Jawa Timur, baik budaya, alam, maupun buatan, pemprov sudah mencanangkan berbagai program untuk memaksimalkan potensi-potensi tersebut.

Tidak hanya itu, Jawa Timur juga punya 596 desa wisata yang terus didorong agar menjadi Desa Wisata Rakyatnya Cerdas Mandiri Sejahtera ().

"Rata-rata desa wisata yang berkembang dan maju adalah yang hati kepala desanya ada di desa wisata tersebut. Setiap kali selalu ada spot pariwisata baru yang orang selalu mencari dan tidak pernah bosan untuk kembali ke desa tersebut," tuturnya.

Mantan Menteri Sosial itu berharap melalui kegiatan ini, potensi wisata di daerah dapat digali. Karenanya,  berharap semua pihak bersinergi untuk menyukseskan acara.

"Banyak sekali proses yang bisa kita bangun untuk bisa saling menguatkan dan meningkatkan seluruh potensi yang bisa kita maksimalkan. Tentunya ini hanya bisa diwujudkan dengan kerjasama Bapak-Ibu sekalian. Kembali saya sampaikan terima kasih. Mudah-mudahan semuanya sukses, lancar, dan tentu bahagia," pesannya.

Diketahui, ada 94 booth dalam Bursa 2023 ini. Pameran ini akan digelar hingga Minggu (5/3/2023) besok. Sementara industri pariwisata yang ikut berpartisipasi dalam acara ini ada 89. Di antaranya , desa wisata, sister province, resort, hotel, media tourism, perbankan, resto, dan transportasi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO