Kandungan Nutrisi Antara Tempe dengan Tahu dan Daging Sapi, ini Perbandingannya

Kandungan Nutrisi Antara Tempe dengan Tahu dan Daging Sapi, ini Perbandingannya Ilustrasi tahu. Foto: Pixabay

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tempe dan tahu adalah makanan yang berasal dari kacang-kacangan dan digemari oleh banyak orang di Indonesia.

Dalam masyarakat Indonesia, kedua makanan ini sering dijadikan sebagai sumber protein pengganti daging, terutama bagi mereka yang menjalankan diet vegetarian.

Berikut adalah perbandingan kandungan nutrisi tempe dengan tahu dan daging sapi.

Kandungan Nutrisi Tempe

Tempe merupakan makanan yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai. Selain itu, tempe juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti protein, serat, kalsium, zat besi, dan vitamin B kompleks.

Berdasarkan data dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), 100 gram tempe mengandung sekitar 18 gram protein, 8 gram serat, 170 mg kalsium, 3,5 mg zat besi, dan 0,3 mg vitamin B1.

Kandungan Nutrisi Tahu

Tahu adalah makanan yang terbuat dari hasil pengolahan kacang kedelai yang masih segar. Meskipun tahu memiliki kandungan nutrisi yang kurang lengkap dibandingkan tempe, namun tahu tetap mengandung nutrisi penting seperti protein, serat, kalsium, zat besi, dan vitamin B kompleks.

Berdasarkan data dari BPOM, 100 gram tahu mengandung sekitar 11 gram protein, 1,7 gram serat, 120 mg kalsium, 1,6 mg zat besi, dan 0,2 mg vitamin B1.

Kandungan

Daging sapi merupakan salah satu sumber protein hewani yang populer di masyarakat. Dalam daging sapi terdapat berbagai nutrisi penting seperti protein, zat besi, vitamin B kompleks, dan asam amino esensial.

Namun, daging sapi juga mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi. Berdasarkan data dari Kementerian , 100 gram daging sapi mengandung sekitar 26 gram protein, 3,3 mg zat besi, dan 0,2 mg vitamin B1.

Perbandingan Kandungan Nutrisi

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO