Percepat ODF, Pemkab dan Dewan Perlu Kolaborasi

Percepat ODF, Pemkab dan Dewan Perlu Kolaborasi Rapat Komisi IV dengan OPD terkait membahas percepatan ODF.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Jumlah warga Kabupaten yang masih belum memiliki jamban sehat masih cukup tinggi. Dari 22 kecamatan di Kabupaten , baru 2 kecamatan yang telah dinyatakan open defecation free () atau bebas buang air besar (BAB) sembarangan. Yakni dan Kecamatan .

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten , Sobih Asrori, saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com usai rapat kerja dengan balitbangda dan dinas kesehatan, menjelaskan untuk mempercepat pengurangan desa-desa yang belum , harus ada kolaborasi antara dewan dan pemkab.

"Hari ini kita mengundang dinas kesehatan, balitbangda, untuk mengatahui kondisi Kabupaten mana saja desa yang dan yang belum . Karena ini terintegrasi pengurangan stunting," jelasnya politikus PKB ini, Selasa (1/3/2023).

Menurutnya, anggota komisi IV juga memberikan masukan agar program strategis yang telah dicanangkan bisa maksimal. "Pemerintah ngalor (utara), awak-awakan ngidul (kita mengusulkan ke selatan), kan gak pantas," sindirnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan dr. Ani Latifah enggan memberikan komentar soal masih tingginya warga Kabupaten yang belum memiliki jamban.

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO