Komisi E Ingatkan Pengusaha Fasilitasi Cek Kesehatan untuk Pekerja

Komisi E Ingatkan Pengusaha Fasilitasi Cek Kesehatan untuk Pekerja Anggota DPRD Jatim, dr. Benjamin Kristianto, saat menjadi pembicara seminar kesehatan dan keselamatan kerja, belum lama ini. Foto: Ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Anggota Komisi E DPRD Jawa Timur, , mengungkapkan saat ini penduduk Indonesia yang terkena penyakit hampir 47 persen usia produktif. Menurut pria yang akrab disapa Dokter Beni itu, harus ada gerakan preventif dari perusahaan yang memperkerjakan tenaga kerjanya mayoritas usia produktif.

Ia menyinggung Permenaker No 13 tahun 2022 tentang pemberian hak kepada pekerja untuk mendapatkan dukungan dari perusahaan bila tenaga kerjanya terkena penyakit . Mengingat, saat ini Indonesia urutan kedua setelah India yang penduduknya terjangkit penyakit tuberkulosis ().

"Untuk mendukung Permenaker No 13 tahun 2022, maka setiap perusahaan wajib melakukan medical check up kepada tenaga kerjanya agar bisa mengetahui apakah tenaga kerja tersebut terjangkit penyakit ," kata Benjamin dalam keterangannya, Senin (27/2/2023).

Politikus Partai Gerindra ini mengingatkan bagi perusahaan yang belum memfasilitasi pekerjanya untuk melakukan medical check up, supaya segera dilakukan. Sebab, langkah ini untuk mendukung pemerintah dan demi kebaikan perusahaan juga.

Dokter Beni menceritakan sering kali para tenaga kerja demo ke gedung DPRD Jatim mengadukan soal kesehatan dan keselamatan para tenaga kerja di tempat mereka bekerja.

"Sebagai wakil rakyat yang berlatar belakang dokter, saya mendorong kepada perusahaan agar tenaga kerjanya melakukan medical check up," imbaunya.

Ketua Kesehatan Indonesia Raya (Kesira) Jatim ini menyampaikan pihaknya memiliki Rumah Sakit Sheila Medika di Sidoarjo. Ia siap membantu para pengusaha yang ingin melakukan medical check up bagi tenaga kerjanya dengan harga sesuai kemampuan perusahaan.

"Intinya sebagai wakil rakyat, saya siap membantu," pungkas Anggota DPRD Jatim dari Dapil Sidoarjo tersebut. (mdr/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Gaji Nunggak 5 Bulan, Buruh Pabrik di Pasuruan Mogok Kerja':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO