Dua Tahun Jadi Bupati, Dhito Dinilai Berhasil Majukan Kebudayaan Kediri

Dua Tahun Jadi Bupati, Dhito Dinilai Berhasil Majukan Kebudayaan Kediri Bupati Kediri Hanindhito Himawan saat memakai pakaian khas Kabupaten Kediri. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - sudah menjabat sebagai Bupati Kediri selama dua tahun. Dalam waktu dua tahun itu, ia dinilai berhasil membuka lebar kran seni dan budaya Kabupaten Kediri.

Tak sekadar membuka kran, aliran budaya dan seni dewasa ini juga dinilai mengalir deras dengan berbagai terobosan baru yang dilakukan oleh bupati muda yang sering disapa Dhito itu.

Paling baru, Putra Menseskab Pramono Anung itu mengeluarkan surat edaran yang mewajibkan ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri untuk mengenakan pakaian khas dan di Kamis minggu pertama setiap bulannya.

Sebagaimana diketahui, pakaian khas itu telah dirilis bupati setahun lalu saat HUT Kabupaten Kediri ke-1218. Pakaian tersebut dirilisnya usai melalui proses kajian yang dilakukan oleh kalangan akademisi, arkeolog, desainer dan pembatik, budayawan, maupun tim internal dari Pemkab Kediri.

Pemerhati Budaya Kediri, Imam Mubarok, berpendapat langkah-langkah yang dilakukan oleh Dhito dalam pengembangan kebudayaan di wilayahnya terbilang cepat dan merata.

“Mas Dhito mampu mengangkat, memberdayakan, dan bersinergi dengan banyak pihak untuk bersama-sama memajukan kebudayaan di Kediri. Peluang-peluang (kebudayaan) telah diberikan, ruang-ruang diberikan,” ungkapnya, Minggu (26/2/2023).

Kelanggengan seni budaya di Bumi Panjalu ini juga tergambar jelas dengan upaya pematenan kekayaan intelektual komunal (KIK) 4 produk budaya asli daerah Kabupaten Kediri. Yaitu jaranan jowo, wayang krucil, tiban, serta tiwul. Dari pematenan itu dipastikan keempatnya menjadi milik Kabupaten Kediri.

Dari bidang purbakala, suami Eriani Annisa Hanindhito itu mendorong percepatan dalam proses ekskavasi , Kecamatan Gurah.

Hasilnya, pihaknya mengambil kebijakan untuk tetap menampilkan beberapa item hasil ekskavasi untuk keperluan edukasi hingga wisata kebudayaan berbasis desa wisata budaya.

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO