4 Fakta Shipworm, Makhluk Kecil yang Ditakuti Para Pelaut

4 Fakta Shipworm, Makhluk Kecil yang Ditakuti Para Pelaut Shipworm. (foto: commons.wikimedia.org/Teredo Turu Shipworm)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Laut merupakan tempat tinggal yang mempunyai tingkat keanekaragaman jenis hewan avertebrata paling tinggi. Sejumlah organisme dari yang kecil hingga yang besar bisa ditemukan di berbagai kedalaman.

Salah satunya adalah Shipworm atau yang biasa disebut .

BACA JUGA:

Hewan yang tidak memiliki tulang belakang ini sejak zaman dahulu telah menjadi salah satu musuh besar bagi para pelaut. Pasalnya, Shipworm kerap dianggap sebagai .

Selain memakan bagian kayu kapal, ini juga bisa membuat nelayan terancam.

Berikut 4 fakta Shipworm, makhluk kecil yang ditakuti para pelaut.

1. Bukan Keluarga Cacing

Walau biasa dikenal dengan sebutan "", Shipworm pada dasarnya bukan bagian dari keluarga cacing. Meski memiliki bentuk tubuh yang mirip, namun mereka menjadi bagian dari kerang air asin sejenis moluska bivalvia di famili Teredinidae. Shipworm memiliki ukuran panjang yang berbeda-beda dan terdapat lebih dari 60 macam spesies.

Bentuk tubuh Shipworm memiliki dua ujung dengan fungsi yang berbeda. Ujung pertama pada ini merupakan cangkang keras seperti helm yang digunakan untuk melubangi kayu.

Ujung satunya berbentuk seperti pipa sebagai saluran keluar masuk air sekaligus berfungsi untuk menangkap plankton sebagai makanannya.

2. Hewan Kecil Pemakan Kapal

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO