Jokowi Sebut Komitmen Indonesia Terhadap Lingkungan Dimulai dari IKN

Jokowi Sebut Komitmen Indonesia Terhadap Lingkungan Dimulai dari IKN Jokowi Sebut Komitmen Indonesia Terhadap Lingkungan Dimulai dari IKN. Foto: Ist

KALIMANTAN TIMUR, BANGSAONLINE.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan komitmen Indonesia terhadap lingkungan dimulai dari Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Konsep besar komitmen kita terhadap lingkungan dimulai dari sini (IKN). Jangan ada yang meragukan", ujar Jokowi di kawasan IKN, Kalimantan Timur, pada Kamis (23/2/2023).

Jokowi mengatakan bahwa Persemaian Mentawai di kawasan IKN telah disiapkan sejak 2021. Tujuannya ialah menyediakan bibit pohon untuk penghijauan kembali kawasan ibu kota baru. Selain itu, bibit pohon yang dihasilkan nantinya akan digunakan untuk penghijauan seluruh wilayah Kalimantan.

"Dan ini yang ditanam di sini adalah tanaman endemik Kalimantan. Misalnya, Meranti, Kamper, Kapur, juga beberapa jenis pohon yang sudah hampir hilang misalnya Sungkai", jelas Jokowi.

"Tidak hanya untuk (ditanam di) IKN. Di sini juga untuk penghijauan kembali kawasan bekas tambang, lahan kritis. Mau tidak mau ini harus dihijaukan kembali", ujar Jokowi.

Sebelum melakukan peninjauan Persemaian Menatwir, Jokowi sempat memberikan arahan dalam Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia di Balikpapan.

Kunjungan Jokowi ke IKN didampingi oleh Ibu Iriana Jokowi. Selain itu, hadir juga sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

(ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO