Gubernur Khofifah Minta Pemkab Blitar Bentuk Payung Hukum untuk Rehab Rumah Korban Ledakan

Gubernur Khofifah Minta Pemkab Blitar Bentuk Payung Hukum untuk Rehab Rumah Korban Ledakan Gubernur Khofifah saat mendatangi lokasi ledakan di Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Gubernur  mendatangi lokasi ledakan akibat bahan mercon di Dusun Sadeng, Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten , Selasa (21/2/2023). Saat itu, mantan Menteri Sosial ini meminta Rini Syarifah selaku Bupati agar segera membentuk payung hukum untuk proses rehabilitasi rumah terdampak ledakan.

"Saya koordinasi dengan bupati, supaya kita bisa intervensi terhadap rehabilitasi rumah terdampak. Untuk bisa intervensi, kita () butuh payung hukum, tadi saya katakan ke ibu bupati agar membuat SK tanggap darurat bencana sosial," kata .

"Kalau ada payung hukumnya kita akan sharing dari provinsi dan Kabupaten . Setelah proses identifikasi, saya rasa proses rehabilitasi dari yang terdampak bisa dilakukan. SK selesai, identifikasi sudah, ya bisa segera dilakukan rehabilitasi," paparnya menambahkan.

Sedangkan untuk biaya pengobatan korban terdampak ledakan, gubernur meminta pemerintah daerah setempat untuk menggunakan APBD dalam pembiayaannya. Mak Rini, sapaan akrab Bupati , menjamin bahwa pihaknya akan memperbaiki rumah-rumah warga terdampak ledakan dan biaya pengobatan korban. 

"Pemkab saat ini masih melakukan asesmen penghitungan jumlah kerugian dan kerusakan, yang dialami warga. Kami akan memperbaiki rumah-rumah warga yang terdampak ledakan bahan petasan. Selain itu, biaya perawatan warga yang terluka, juga akan kami tanggung. Dan kami juga akan mendirikan posko pengungsian, bagi korban terdampak," ujarnya. (kmf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO