11 Tradisi Unik Perayaan Hari Valentine di Berbagai Negara, Ada Nikah Massal Hingga Kado Sendok Kayu

11 Tradisi Unik Perayaan Hari Valentine di Berbagai Negara, Ada Nikah Massal Hingga Kado Sendok Kayu Ilustrasi Hari Valentine (Pexels)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang selalu identik dirayakan setiap 14 Februari. Bagi sebagian orang yang merayakan hari spesial itu biasanya akan memberikan coklat atau bunga pada orang tercinta. Namun pada beberapa negara, momen istimewa itu ternyata dilakukan tidak hanya di Februari saja. Istilah atau sebutan untuk merayakan pun berbeda-beda di sejumlah negara.

Seperti dirangkum dari The Travel Magazine, berikut adalah tradisi unik merayakan Hari Valentine di berbagai negara:

1. Wales, Inggris Raya

Berbeda dengan negara lainnya, Wales tidak merayakan Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang yang jatuh setiap 14 Februari. Sebaliknya, warga setempat akan merayakan Hari St Dwynwen yang jatuh pada 25 Januari. Sendok kayu dengan ukiran rumit atau yang dikenal sebagai sendok cinta, kerap dipertukarkan antar pasangan dalam tradisi yang pertama kali muncul di abad ke-16.

2. Valencia, Spanyol

Lain halnya warga Valencia, Spanyol. Mereka akan merayakan hari paling romantis yang jatuh setiap 9 Oktober. Hari Santo Dionysius atau disebut santo pelindung cinta menjadi penanda perayaan ini. Sejumlah festival dan pawai diadakan secara tradisional. Para pria menawarkan pasangan mereka sebuah Mocadora yakni patung Marzipan sebagai ungkapan tanda cinta mereka.

3. Miao, Cina

Selama Sister's Meal Festival, para kaum hawa memasak berbagai macam hidangan nasi berwarna-warni yang dibungkus dengan sutra dan dijadikan persembahan kepada para pelamar. Nasib hubungan bergantung pada jenis barang yang akan ditemukan di dalam beras. Apabila menemukan dua sumpit berarti cinta, tetapi jika hanya satu siung bawang putih menandakan romansa sudah berakhir bahkan sebelum dimulai.

4. Korea Selatan

Masyarakat Korea Selatan yang romantis akan merayakan cinta setiap bulan di tanggal 14 dan bukan hanya Februari. Di bulan Mei disebut Hari Mawar, Hari Ciuman ada di Juni, Hari Pelukan di Desember, dan Hari Hitam di April ketika para lajang berkumpul untuk menghibur diri dengan hidangan Jajangmyeon atau mie hitam.

5. Afrika Selatan

Pada Festival Lupercalia Romawi kuno, perempuan muda akan menyematkan nama orang yang dicintai ke lengan baju mereka untuk dilihat semua orang.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO