Tinjau Operasi Pasar, Gubernur Khofifah Pastikan Beras Murah Berkualitas Diterima Masyarakat

Tinjau Operasi Pasar, Gubernur Khofifah Pastikan Beras Murah Berkualitas Diterima Masyarakat Gubernur Khofifah saat meninjau operasi pasar di Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Gubernur meninjau operasi pasar di. Ia menegaskan, kegiatan ini sengaja digelar untuk memberi keterjangkauan kepada masyarakat agar tetap bisa membeli beras berkualitas sesuai kebutuhan.

"Operasi pasar ini akan mendekatkan masyarakat dan memberikan keterjangkauan masyarakat untuk bisa mengakses beras kualitas medium," ujarnya saat berada di Pasar Taman,, Jumat (10/2/2023).

bekerja sama dengan , pemerintah kabupaten/kota, serta BUMD PT Jatim Graha Utama (JGU) terus menggencarkan agenda tersebut dengan menyediakan beras murah berkualitas untuk masyarakat dengan harga di bawah HET (harga eceran tertinggi).

Ada sebanyak 10 ton beras yang digelontorkan bagi masyarakat dan pedagang di sekitar pasar dengan harga Rp45 ribu per kemasan 5 kilogram pada hari ini (per kg Rp9 ribu). Harga itu jauh di bawah HET beras medium, yakni Rp9.450,00. per kg, yang mana harga jual tertinggi kepada konsumen dari pedagang yaitu Rp47 ribu per 5 kg.

Sebelumnya, gubernur juga sempat meninjau operasi pasar yang berlangsung di Pasar Pucang, Surabaya, dan Pasar Larangan,. Sejauh ini, realisasi penyaluran operasi pasar komoditi beras periode 3-9 Februari 2023 di seluruh Jawa Timur telah mencapai sebesar 4.367 ton.

Dengan rincian telah menyalurkan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) komoditi beras sebesar 3.825 ton. Dan, dari BUMD PT JGU komoditi beras sebesar 542 ton.

menyebut, permintaan pasar untuk beras hingga saat ini cukup tinggi. Terbukti ketika berinteraksi dengan para pedagang di pasar Taman Sepanjang ini, rata rata stock yang dimiliki telah habis dan berkurang.

"Permintaan konsumen membeli beras rata rata per 5 kg. Situasi ini harus ditangkap oleh dengan mempacking beras dengan ukuran kemasan per 5 Kg. Sehingga untuk selanjutnya kita bersama sama memasifkan distribusinya ke masyarakat,” tuturnya.

Saat ini, ia terus aktif meminta kepada bupati/wali kota untuk mengintervensi stok beras dengan mengupdate harga beras melalui Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok (Siskaperbapo) setiap hari.

“Kita harap, masing masing bupati/walikota bisa berkoordinasi dengan Kadivre Jatim untuk menggelar operasi pasar beras murah di masing masing daerah," ucapnya.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO