JILFA 2023 Diharapkan Perkuat Pertumbuhan Ekonomi

JILFA 2023 Diharapkan Perkuat Pertumbuhan Ekonomi

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kantor Perwakilan (BI) Jawa Timur (Jatim) berkolaborasi dengan Pemprov Jatim menggelar () 2023, dalam rangka mendorong kinerja investasi Jatim selama 2 hari (1-2/2/2023).

Kegiatan digelar untuk memperkuat koordinasi dan sinergi lintas instansi, baik di tingkat provinsi maupun kota/kabupaten dalam mengupayakan pengelolaan investasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat.

Rangkaian kegiatan terdiri Jatim Investment Forum 2023, Jatim InvesTalk, serta Jatim Leaders Forum and Awards tersebut, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Puncak acara berupa Leaders Forum.

Kepala Perwakilan BI Jatim, Budi Hanoto, menyampaikan lesson learned yang diperoleh dari beberapa negara industri di Asia, upaya pencapaian pertumbuhan ekonomi yang tinggi memerlukan refocusing strategi, yakni dari consumption-driven growth menuju ke investment-driven dan export-driven growth.

"Penyesuaian strategi tersebut tentunya sejalan dengan upaya peningkatan komitmen kepala daerah di Jatim dalam optimalisasi upaya penyiapan proyek investasi daerahnya menuju ready-to-offer atau clean and clear," ujarnya, Jumat (3/2).

Untuk itu, diperlukan sebuah terobosan program kolaboratif yang mampu mengkristalisasi arahan Presiden RI terkait percepatan investasi yang menjadi bagian dari 5 fokus tematik reformasi birokrasi 2023.

Bertindak menyampaikan arahan strategis, Gubernur Jatim menginstruksikan untuk merealisasikan target investasi Jatim 2023. Realisasi investasi nasional sebesar Rp1.400 triliun, Jatim mendapat porsi 9 persen atau Rp 126 triliun.

Demi mencapai target tersebut, Gubernur memaparkan tiga arah kebijakan penanaman modal di tahun ini, yaitu fokus sektor prioritas, green investment, danrRoadmap hilirisasi.

Sebelum memberikan arahan strategis, Gubernur menyaksikan penandatanganan MoU antara beberapa pelaku usaha besar dengan UMKM. Gubernur dan Budi Hanoto juga meresmikan peluncuran program IKI. (diy/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO