Gubernur Khofifah Launching IKI Investasi Jatim dan JOSS Gandos di JILFA 2023

Gubernur Khofifah Launching IKI Investasi Jatim dan JOSS Gandos di JILFA 2023 Gubernur Khofifah saat launching IKI Investasi Jatim dan JOSS Gandos di JILFA 2023.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur  terus berupaya melakukan penguatan ekosistem investasi di Jawa Timur melalui berbagai cara. Sebuah inovasi dilakukan melalui Inisiasi Kolaborasi dan Inovasi (IKI) dan Jatim Online Single Submission Goes Android Operating System (JOSS Gandos).

Keduanya dilaunching dalam rangkaian gelaran Jatim Investment Leaders Forum and Award (JILFA) 2023 di Surabaya, Kamis (2/2/2023). Kegiatan ini diharapkan dapat terus meningkatkan awareness kepala daerah dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di wilayahnya, dan untuk meningkatkan komitmen dalam penyiapan proyek investasi yang clear and clean

berharap, launching kedua inovasi itu berperan menjadi penguat ekosistem investasi di Jawa Timur. Ia menjelaskan bahwa IKI mencakup tiga hal penting dalam investasi, yakni inisiasi sebagai jawaban dari tantangan masa depan yang kompleks untuk semua sektor, termasuk investasi, dan aspek penting yang harus dimiliki oleh seluruh pakar atau pelaku investasi.

"IKI, inisiasi, kolaborasi, dan inovasi adalah satu hal yang kita inisiasi pada 12 Oktober 2022 pada HUT kemarin, kami mengusung tiga huruf ini untuk menjadi solusi dari kompleksitas dan ketidak pastian persoalan global saat ini," tuturnya.

Menurut dia, seorang pakar maupun pelaku investasi harus mampu membaca berbagai kemungkinan yang timbul untuk bisa memudahkan para investor atau bagi pelaku usaha yang sedang mencari investor. Makanya, lanjut , penting memiliki jiwa enabler leader yang mampu membuka kemungkinan - kemungkinan solusi dari tantangan yang dihadapi.

"Maka menjadi enabler leader, harus dimiliki pakar investasi yang nanti ada di dalam East Java Investment Committee," ujarnya

Kedua, menuturkan aspek kolaborasi yang penting dibangun oleh seluruh stakeholder di Jawa Timur. Baik dari sektor horizontal dan vertikal. Hal yang sama juga dibutuhkan untuk membangun iklim dan kinerja investasi yang lebih baik di Jawa Timur.

"Maka kolaborasi harus dilakukan dan memang harus didukung, tidak cukup hanya Pemprov - Pemkab - Pemkot, tetapi bahwa sektor sektor vertikal lainnya seperti BI, OJK sangat signifikan, sinergi dengan kampus jadi penting dan pakar-pakar lain," tegasnya.

Kemudian Inovasi dalam IKI adalah realisasi dari inisiasi yang telah dibangun dengan kolaborasi berbagai pihak. Semua aspek tersebut akan difasilitasi melalui East Java Investment Center, East Java Investment Committee, dan Jatim Investment Hub.

Sementara launching Joss Gandos menurut Gubernur adalah bagian dari upgrading dari Jatim Online Single Submission (JOSS) yang telah beroperasi selama tiga tahun yang lalu. Dan saat ini, penambahan kata Gandos atau Goes Android Operating System merupakan layanan Jatim Online Single Submission yang diharapkan menjadi kemudahan akses dan koordinasi para investor dan pelaku usaha yang tengah mencari investor.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO