TPS Khusus Pemilu 2019 di Kota Kediri Terbanyak se-Indonesia

TPS Khusus Pemilu 2019 di Kota Kediri Terbanyak se-Indonesia Ketua Bawaslu Kota Kediri, Mansur (tengah), bersama Tim Mappilu PWI Kediri. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pada Pemilu 2019 lalu, jumlah TPS (tempat pemungutan suara) khusus di Kota menjadi yang terbanyak se-Indonesia. Pada saat itu, ada 25 TPS khusus di Kota yang tersebar di beberapa titik.

Seperti di Ponpes Lirboyo terdapat 17 TPS khusus, di Ponpes Wali Barokah ada 4 TPS khusus, Lapas klas IIA terdapat 2 TPS khusus dan sisanya tersebar di beberapa tempat.

Sedangkan posisi kedua ditempati oleh Kabupaten Magetan, tepatnya di Ponpes Temboro dengan 10 TPS khusus. Sementara untuk jumlah TPS pada mendatang, di Kota ada 947 TPS.

Demikian disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kota , Mansur, saat menerima audiensi Tim Mappilu PWI yang dipimpin oleh Ketua PWI , Bambang Iswahyoedhi, Rabu (1/2/2023).

Menurut Mansur, pada mendatang, kemungkinan jumlah TPS khusus di Kota tidak berubah. Namun untuk pendirian TPS khusus tersebut harus ada pengajuan dari lembaga atau pihak-pihak yang membutuhkan.

'Proses pendirian TPS khusus tersebut harus ada pengajuan dari lembaga, seperti ponpes, rumah sakit, panti sosial, yang diprediksi karyawan mencapai 100 pemilih. Kalau dulu KPU bisa langsung mengeluarkan kebijakan, tapi sekarang harus ada lembaga yang mengajukan dulu permintaan ke KPU,"kata Mansur.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO