BUMDesma di Jember Diminta Bantu Atasi Inflasi

BUMDesma di Jember Diminta Bantu Atasi Inflasi Bupati Jember, Hendy Siswanto, saat memberi keterangan kepada awak media.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Bupati , Hendy Siswanto, meminta BUMDesma untuk membantu mengantisipasi inflasi dari salah satu komoditas hasil pertanian, yakni cabai. Sebab, cabai di cukup dicari dan diminati oleh masyarakat. 

Dengan anggota penerima manfaat dari BUMDesma di yang cukup besar, yakni sejumlah 86.028 orang dan tersebar di 26 kecamatan, Pemkab menilai bahwa hal tersebut memiliki potensi untuk digerakkan.

“Orang ini senang cabai, senang pedes. Akibatnya, cabai ini mahal (karena terus dikonsumsi dan masa produksi terbatas), inflasilah kita, tertinggi. Daya beli masyarakat menurun,” kata Hendy usai mengetahui jumlah riil potensi kekuatan dari BUMDesma.

Tidak banyak, ia meminta agar BUMDesma dapat memberikan masing- masing dua bibit cabai kepada 86.028 anggotanya. Kemudian, diharapkan bibit tadi dibagikan kepada setiap tetangga mereka, agar kemudian bisa dirawat dan dipanen untuk mengantisipasi meningkatnya permintaan dan kenaikan harga cabai di Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

“Kalau ditanam di bulan ini atau minggu pertama di Februari, InsyaAllah Ramadhan, Lebaran, sudah panen pak. Nggak usah beli ke pasar,” tuturnya.

Menurut Hendy, penyebaran bibit cabai melalui anggota BUMDesma se- bakal membuat produksi cabai sangat berlimpah secara mandiri. Sehingga, selain produksi yang dilakukan oleh petani untuk dijual, sebagian masyarakat juga memiliki ketahanannya sendiri, terhadap kebutuhan cabai.

“Saya sangat yakin, gara-gara produksi lombok kita yang banyak, kita bisa membantu tetangga- tetangga kabupaten juga,” pungkasnya. (yud/bil/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO