Revitalisasi Omah Rembug dan Siskamling dari Polda Jatim Diapresiasi Gubernur Khofifah

Revitalisasi Omah Rembug dan Siskamling dari Polda Jatim Diapresiasi Gubernur Khofifah Gubernur Khofifah saat menghadiri agenda di Mapolda Jatim.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur mengapresiasi inisiasi Kapolda Jatim yang kembali merevitalisasi program Omah Rembug dan di tingkat desa serta kelurahan. Menurut dia, hal tersebut mampu menyelesaikan masalah dari lini paling bawah yakni di tingkat kelurahan atau desa.

Sejumlah program ini menjadi bentuk kearifan lokal yang mampu menjadi solusi dari pemecahan masalah di tingkat bawah dengan melibatkan partisipasi aktif masyarakat, serta tiga pilar yakni kepala desa, bhabinkamtibmas, dan babinsa bersama tokoh agama/masyarakat.

“Omah rembug ini harus ditopang oleh mereka yang punya kearifan dan tidak memiliki keberpihakan pada pihak tertentu," ujarnya saat hadir di acara Sarapan Bareng Tiga Pilar Desa/Kelurahan serta peresmian Revitalisasi Omah Rembug dan di Gedung Mahameru Polda Jatim, Jalan Ahmad Yani Surabaya, Selasa (31/1/2023).

juga menjelaskan, dari situ akan terbangun kearifan lokal yang akhirnya akan menjadi kearifan nasional atau national wisdom yang luar biasa. Ini akan menjadi embrio bagaimana kearifan desa, kearifan kota/kab, kearifan provinsi akan menjadi kearifan nasional.

Menurut dia, peran tiga pilar sangat penting untuk mewujudkan kondusivitas dari lini paling bawah. Mereka juga berperan penting dalam membangun sinergi, kolaborasi, strong partnership, dan gotong royong di antara masyarakat.

Lihat juga video 'Akhirnya, Putra Kiai Jombang Tersangka Pencabulan Santriwati Serahkan Diri ke Polda Jatim':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO