Jaga Ekosistem Mangrove, Gubernur Khofifah: Kuatkan Sinergi Hulu Hilir

Jaga Ekosistem Mangrove, Gubernur Khofifah: Kuatkan Sinergi Hulu Hilir Gubernur Khofifah saat mengikuti Festival Mangrove di Wisata Bahari Tlocor dan Pulau Lusi, Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Gubernur Khofifah terus memasifkan upaya penguatan eksosistem di sejumlah wilayah. Kali ini, upaya itu kembali dilakukan melalui Festival Mangrove Jawa Timur Ke-III di Wisata Bahari Tlocor dan , Desa Kedungpandan, Kecamatan Jabon, Sidoarjo, Minggu (29/1/2023).

atau akronim dari Lumpur Sidoarjo merupakan daratan yang terbentuk akibat endapan lumpur pada muara , dan telah ditumbuhi beraneka jenis serta tanaman hutan lainnya dengan kerapatan rendah hingga tinggi.

Didampingi Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marvest Nani Hendiarti dan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali, Khofifah memimpin langsung penanaman 1.000 bibit dan bibit pohon produktif. Serta pelepasliaran burung air dan biota air berupa ikan dan udang sejumlah 23 ribu ekor di perairan Sidoarjo.

Ia mengatakan bahwa Festival Mangrove merupakan salah satu upaya untuk membangun sinergi hulu hilir yang lebih luas dalam menjaga ekosistem . Hal ini karena ekosistem telah memberikan kemanfaatan baik dari sisi ekologi, ekonomi dan sosial bagi masyarakat pesisir.

"Pada dasarnya kalau hanya nandur kita hampir dua minggu sekali melakukan itu. Rata-rata pantai di Jawa Timur sudah pernah kita datangi untuk nandur . Tapi di Festival Mangrove ini ada upaya hulu hilir secara integratif yang kita lakukan untuk menjaga eksosistemnya," paparnya.

Dalam Festival Mangrove, kata Khofifah, tidak hanya penanaman tapi juga pelepasliaran burung dan biota laut sesuai habitat pantai setempat. Serta penanaman pohon produktif seperti cemara udang dan juga pameran produk hilirisasi dari seperti batik ataupun makanan berbahan dasar .

"Jadi sebenarnya festival ini kita berbicara soal ekosistemnya, bukan hanya -nya saja. Ekosistem itu ada ikan, kepiting, udang, cemara udang sampai dengan end product-nya. Jadi hilirisasi yakni apa yang bisa diberikan penguatan aspek sosial ekonomi. Maka hal ini terintegrasi dari sangat banyak sektor itulah kita sebut festival ," ungkapnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO