Evaluasi Kinerja SKPD, Bupati Kediri Minta Serapan Anggaran Berdampak Langsung pada Masyarakat

Evaluasi Kinerja SKPD, Bupati Kediri Minta Serapan Anggaran Berdampak Langsung pada Masyarakat Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana (kiri), bersama Solikin selaku sekretaris daerah setempat saat memberi pemaparan. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati , Hanindhito Himawan Pramana, mengevaluasi kinerja seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di pemerintahannya. Ia meminta agar anggaran yang digunakan dapat berimplikasi langsung pada masyarakat.

Penekanan itu disampaikan bupati saat memberi pengarahan pada rapat evaluasi yang berlangsung di Ruang Jayabaya, Kantor Pemkab , Jumat (27/1/2023). Ia menilai, serapan APBD (anggaran pendapatan belanja daerah) pada 2022 masih kurang walau mencapai 90,79 persen.

“Secara kualitatif, serapan tersebut masih belum menunjukkan dampak yang signifikan bagi masyarakat,” tuturnya.

Kepada seluruh kepala SKPD yang hadir, bupati yang karib disapa Dhito itu menekankan agar dalam penggunaan APBD tahun ini dapat berdampak langsung bagi masyarakat. Di mana orang nomor satu di Kabupaten itu meminta agar catatan tersebut diperbaiki dan ditingkatkan.

“Saya tidak mau melihat serapan anggarannya tinggi, tapi tidak ada implikasinya pada masyarakat,” tegasnya.

Dalam rapat itu, bupati muda ini juga berharap tidak ada lagi ego sektoral di masing-masing SKPD. Bilamana salah satu SKPD mengalami kendala, SKPD lain harus ikut membantu. Dengan demikian, pelayanan publik akan semakin cepat dan responsif.

Seperti yang diketahui, tiap titik pelayanan publik, Dhito akan memasang CCTV yang dilengkapi dengan artificial intelligence atau kecerdasan buatan. Tujuannya, agar setiap pelayanan publik akan terdeteksi bagaimana ekspresi dalam melayani masyarakat.

“Layani masyarakat Kabupaten seperti jenengan ingin dilayani,” pungkasnya. (tia/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO