Peringati Hari Gizi Nasional ke-63, Pemkab Jember Canangkan Program untuk Balita

Peringati Hari Gizi Nasional ke-63, Pemkab Jember Canangkan Program untuk Balita Suasana peresmian program untuk balita yang dilakukan Pemkab Jember di kantor dinas kesehatan setempat.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Pemkab bakal mencanangkan Bulan Penimbangan dan Vitamin A untuk Balita pada Februari mendatang. Agenda tersebut dilakukan dalam rangka menyambut, serta memperingati  yang ke-63 tahun ini.

“Pada Februari besok, kita akan menggerakkan secara konkret penimbangan dan pemberian vitamin A se-Kabupaten ,” kata Bupati , Hendy Siswanto, di kantor dinas kesehatan setempat, Jumat (27/1/2023).

Ia mengatakan bahwa pihaknya ingin agar momentum itu tidak hanya dijadikan rutinitas perayaan saja, dan harus diwujudkan dengan semangat untuk menyelesaikan persoalan masyarakat yang berkaitan erat dengan masalah gizi. Terlebih persoalan yang notabene disebabkan kurangnya pemenuhan gizi, dan sudah jadi perhatian khusus pemerintah.

Sehingga, di bulan Februari nanti, Pemkab bakal mengerahkan segenap petugas kesehatan, kader posyandu, pemerintah kelurahan/desa, ketua RT/ RW, kader posyandu, pramuka, PKK, dan relawan, selama satu bulan penuh, bertugas dalam program Penimbangan dan Pemberian vitamin A untuk balita.

“Sekalian mendata, berapa sebenarnya problem dan kekurangan gizi yang ada di ,” ucap Hendy.

Ia menjelaskan, data tersebut segera diintegrasikan dan akan menunjukkan validitas yang akurat lantaran telah terverifikasi di lapangan dengan melihat kondisi riil, serta menjadi landasan untuk penentuan kebijakan selanjutnya, yakni follow up penanganan di Maret 2023 nanti.

Namun, lanjut Hendy, pendampingan dan pengawasan untuk penanganan ini secara khusus akan dibebantugaskan kepada Dinkes hingga akhir tahun. 

“Data itu nanti akan kita blow up ke publik berapa angka yang sesungguhnya di . Bukan hanya data tetapi treatment-nya juga.” pungkasnya. (yud/bil/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO