​Ciptakan Produktivitas, Ketua BUMDes Arta Jaya di Madiun Berharap Ada Masa Jabatan

​Ciptakan Produktivitas, Ketua BUMDes Arta Jaya di Madiun Berharap Ada Masa Jabatan Kantor Desa Winong, Kecamatan Gemarang, Kabupaten Madiun. Foto: HENDRO SUHARTONO/BANGSAONLINE

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Badan Usaha Milik Desa () Winong, Kecamatan Gemarang, Kabupaten , tengah berupaya untuk meningkatkan pendapatan dari wilayahnya. 

dengan nama Arta Jaya ini mempunyai usaha antara lain persewaan perlengkapan pesta atau hajatan, toko kelontong yang menjual perlengkapan alat tulis kantor, dan pengelolaan modal yang berbasis simpan pinjam bagi warga Desa Winong.

Ketua Arta Jaya, Agung Doni Saputro, menjelaskan bahwa saat ini kegiatan yang ada di memang belum bisa menghasilkan PADes (pendapatan asli desa) yang bagus. Namun sudah bisa memberikan kontribusi bagi desa yang cukup lumayan.

"Bagi saya memang kita belum bisa memberikan masukan yang besar. Namun paling tidak setiap tahunnya sudah bisa ikut menciptakan pemasukan bagi desa," ujarnya saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Selasa (24/1/2023).

Hingga saat ini, lanjut Agung, pemasukan yang bisa diberikan kepada desa baru berasal dari usaha simpan pinjam, karena hal tersebut diberikan kepada kelompok dan bukan perorangan.

"Pemasukan yang besar berasal dari simpan pinjam. Karena kita buat dengan sistem kelompok dan bukan perorangan, sehingga mereka bisa saling mengingatkan," tuturnya.

Walaupun ia mempunyai banyak ide, namun untuk mengembangkan menurut dia adalah adanya masa bakti. Sehingga bisa memberikan kesempatan bagi warga lainnya untuk ikut berpartisipasi membangun desa.

"Saya itu dilantik dulu SKnya (Surat Keterangan, red) tidak ada masa berakhirnya. Harapan saya bisa kita adakan pemilihan pengurus lagi yang mempunyai masa jabatan," pungkasnya.(dro/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO