Edukasi Mahasiswa dalam Peningkatan Indeks Demokrasi, DPM Unira Gelar Sekolah Pemilu Progresif

Edukasi Mahasiswa dalam Peningkatan Indeks Demokrasi, DPM Unira Gelar Sekolah Pemilu Progresif Para mahasiswa yang menjadi peserta Sekolah Pemilu Progresif yang digelar DPM Unira.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Universitas Madura () Menggelar Sekolah Pemilu Progresif. Kegiatan bertajuk 'Tantangan Pemilu Serentak 2024 Dalam Peningkatan Indeks Demokrasi' berlangsung hari ini, Sabtu (21/1/2023)

"Kegiatan ini, merupakan momentum bagi kita selaku mahasiswa untuk menggali hal-hal yang berkaitan dengan pemilu, supaya kita tidak mudah terbawa oleh intrik politik yang tidak menentu. Karena nasib bangsa kedepan tergantung dari partisipasi kita sebagai peserta pemilu, baik-buruknya maupun maju-mundurnya suatu negara," kata ketua pelaksana acara, Mohtar Rosid.

Rektor , Faisal Estu Yulianto, mengapresiasi agenda yang berlangsung di awal tahun yang baru, lebih-lebih dapat menambah wawasan dan pemahaman mahasiswa dalam persoalan demokrasi, lantaran berlangsung sebentar lagi.

"Sekolah Pemilu Progresif yang diadakan oleh DPM ini, merupakan kegiatan di awal tahun yang sangat bagus. Mengingat, kita sebagai akademisi harus paham dan gencar dalam mensosialisasikannya agar masyarakat tidak terjebak dalam persoalan-persoalan yang bisa mencederai nilai-nilai demokrasi. Bahkan penting bagi kita, utamanya mahasiswa untuk menjadi agen of pemilu. Yang memiliki tanggung jawab moral untuk mencerdaskan bangsa," paparnya.

Ia mengatakan bahwa masyarakat perlu di edukasi oleh akademisi. Sebagai upaya untuk meningkatkan indeks demokrasi serta terciptanya pemilu yang berkualitas.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat terjun langsung kepada masyarakat untuk memberikan pemahaman bahwa pemilu hanyalah sebuah kegiatan rutinan yang baik. Agar seusai pelaksanaan pemilu, masyarakat bisa bersatu kembali dan bekerjasama dengan pemerintah yang terpilih dalam meningkatkan integritas dan kemajuan negara kesatuan republik Indonesia tercinta ini" imbuhnya

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO