Agrowisata PPG Cluster Durian, Spot Liburan Seru di Jember

Agrowisata PPG Cluster Durian, Spot Liburan Seru di Jember Sejumlah pengunjung Agrowisata PPG Cluster Durian.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Lahan mati berupa areal hutan pinus di Desa Sidomulyo, kini bermetamorfosis menjadi spot wisata di . Lahan seluas 12,75 hektare itu disulap Sugianto (42) bersama pemuda desa menjadi Agrowisata Persemaian Permanen Garahan (PPG) Cluster Durian.

Lokasinya berada di sebelah utara Jalan Raya Banyuwangi, tepat di sebelah timur peternakan Raja Domba di Dusun Curah Damar. Sugianto mengaku mendapatkan ide untuk menciptakan destinasi wisata berdasarkan pengalamannya merantau di Bali. 

"Saya mengamati bahwa setiap lokasi yang dikelola dengan baik bisa mengundang wisatawan. Saya yakin, jika daerah lain bisa membangun wisata mandiri, maka juga seharusnya bisa," ujarnya saat ditemui BANGSAONLINE.com, Jumat (20/1/2023).

Awalnya, ia membuka warung kecil-kecilan di areal hutan. Sembari merapikan kawasan itu, Sugianto bersama para pemuda mulai melengkapi fasilitas, sarana, dan prasarana yang diperlukan untuk menciptakan spot wisata guna menarik wisatawan. 

"Prosesnya masih 20 persen. Tapi InsyaAllah nanti pelan-pelan bisa tambah baik. Fasilitasnya juga akan ditambah sedikit demi sedikit. Villa dan penginapan juga nanti akan ditambah. Supaya wisatawan yang ingin menginap gak kerepotan cari tempat penginapan," paparnya.

Saat ini, pihaknya telah mampu merekrut 30 karyawan yang berasal dari warga sekitar untuk mengelola wisata. Selain membuka lapangan pekerjaan, PPG Cluster Durian juga berdampak positif bagi pertumbuhan UMKM lokal.

"Tiketnya murah, hanya Rp5 ribu per orang. Parkirnya hanya Rp2 ribu saja. Itu tiket berlaku sampai jam 4 sore. Kalau kafenya buka 24 jam," kata Sugianto.

Area Agrowisata PPG Cluster Durian telah memiliki berbagai wahana, greenhouse, villa, fasilitas outbound, pemandian, river tubing, dan lahan perkemahan yang mampu menampung hingga delapan ribu orang beserta mushola. (yud/bil/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO