Jalan IKN akan Bebas Kabel Listrik dan Didesain untuk Landasan Pacu Pesawat

Jalan IKN akan Bebas Kabel Listrik dan Didesain untuk Landasan Pacu Pesawat Jalan IKN Akan Bebas Kabel Listrik dan Didesain untuk Landasan Pacu Pesawat. Foto: Ist

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah merencanakan (IKN) akan bebas kabel listrik dan digunakan untuk mendarat pesawat. Danis Hidayat Sumadilaga selaku Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN mengatakan rencana ini berkaca dari negara tetangga yang sudah mengusung konsep serupa.

"Kami memikirkan jalan arteri primer (IKN), itu kami pertimbangkan sebagai runaway pesawat. Itu panjangnya 1-2 kilometer", ujar Danis pada Minggu (15/1/2023).

Danis menjelaskan pihaknya akan memilih lokasi-lokasi tertentu di IKN yang dapat menjadi landasan pacu alias runaway pesawat. Namun saat ini belum adanya rincian jalan mana saja yang potensial.

Jalanan di IKN juga akan bebas kabel listrik dikarenakan sistem kelistrikan disimpan di bawah tanah dengan sebuah box alias multi-purpose utility tunnels (MUTs).

"Di jalan-jalan itu nanti untuk utilitas. Jadi nanti nggak ada kabel, ya ada, tetapi sementara karena boxnya belum jadi", tutur Danis.

Progres pembangunan infrastruktur di IKN secara keseluruhan baru mencapai 12 hingga 15 persen. Namun, sudah ada beberapa proyek yang selesai hampir 100 persen.

(ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Usai Diperiksa Bareskrim, Edy Mulyadi: Saya Minta Maaf Sedalam-dalamnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO