Denny Caknan dan Slank Meriahkan Puncak 1 Abad NU di Stadion Gelora Delta Sidoarjo

Denny Caknan dan Slank Meriahkan Puncak 1 Abad NU di Stadion Gelora Delta Sidoarjo Suasana Introductory Meeting Agenda 1 Abad NU. Foto: M. DIDI ROSADI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com dan Slank bakal memeriahkan acara puncak 1 Abad NU di pada Selasa (7/2/2023). Momen kolosal ini diprediksi akan dihadiri 1 juta Nahdliyin yang berasal dari seluruh Indonesia, hingga manca negara dengan perputaran uang sekitar Rp500 Miliar.

"Event ini adalah kegiatan seremonial yang menjadi simbol kebangkitan baru menuju Abad Kedua NU. Acara dilaksanakan dengan membawa tiga momentum dasar yakni spiritual, organisasi, dan kultural," kata Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf atau yang akrab disapa Gus Yahya, saat Introductory Meeting Agenda 1 Abad NU di Surabaya, Rabu (11/1/2023).

Ia mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadir bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju, pimpinan lembaga negara, duta besar negara sahabat, 300 ulama internasional, PBNU, pimpinan organisasi keagamaan, dan sejuta kader NU. Pihaknya berupaya menggelar berbagai macam kegiatan yang akan membawa suasana kegembiraan dan kebahagiaan.

“Kami akan selenggarakan berbagai festival, ada festival kuliner, seni, karnaval dan sebagainya. Mari, dengan menekuni tradisi, menekuni wawasan-wawasan keagamaan NU ini, InsyaAllah warga NU akan ikut menyumbang secara konstruktif bagi masa depan yang lebih baik, lebih mulia," tuturnya.

Sementara itu, ada sejumlah titik yang dipakai untuk melaksanakan event ini, di antaranya Panggung Parkir Timur Stadion, Panggung Outdoor, dan Indoor Stadion. Sejumlah acara di parkir timur, yakni Lailatul Qiro’ah, digelar Selasa (7/2/2023) dini hari pukul 00.00-01.00 WIB. Kemudian ada Manaqib Syech Abdul Qadir Jaelani pukul 01.00-02.00 WIB.

Acara dilanjutkan dengan Qiyamul Lail (Rhatib Al-Attas dan Asmaul Husna) pukul 02.00-03.00 WIB. Kemudian Ijazah Qubro pukul 03.00-04.00, serta Salat Subuh berjamaah pukul 04.00-05.00 WIB.

Untuk panggung outdoor akan diisi dengan Selawatan yang dipimpin Al Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf, pada pukul 05.00-07.00 WIB. Acara di Indoor Stadion mulai pukul 05.00-06.00 diisi dengan briefing kesiapan pelaksanaan acara, pembagian konsumsi VIP dan VVIP, serta verifikasi gelang akses masuk.

Kemudian pukul 06.00-07.20, diisi dengan acara pengecekan menyeluruh mulai gladi bersih konfigurasi gerakan dengan membentuk huruf 1 Abad NU & NU Digdaya oleh peserta di area tribun kedatangan para kiai, tamu, dan undangan khusus. Persiapan lain yakni persiapan live streaming dan registrasi peserta.

Pada pukul 07.20-08.00 WIB, acara diisi dengan Istighosah Kubro, pembacaan puisi dan live streaming. Kemudian kedatangan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara yang disambut Rais Aam (KH Miftachul Akhyar), Ketua Umum PBNU (KH Yahya Cholil Staquf) dan Ketua Panitia Harlah 1 Abad NU.

Acara berikutnya pukul 08.00-08.15 diisi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Ya Lal Wathon. Kemudian pembacaan ayat suci Al-Quran dan laporan kegiatan oleh Ketua Panitia Harlah 1 Abad NU.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO