Ribuan Orang Hadiri Haul Habib Muhsin dan Habib Haidarah di Situbondo

Ribuan Orang Hadiri Haul Habib Muhsin dan Habib Haidarah di Situbondo Suasana Haul Habib Muhsin dan Habib Haidarah di Situbondo.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Ribuan orang menghadiri Haul Akbar Al Habib Muhsin bin Ali Alhidwan yang ke-43 dan Al Habib Haidarah bin Muhsin Al Hindwan yang ke-6 di , Minggu (8/1/2023).

Habib Husen mewakili keluarga dalam sambutannya menyampaikan jemaah yang hadir adalah jemaah thariqat dan simpatisan yang berasal dari berbagai daerah, seperti Jakarta, Jawa, Madura, Kalimantan, dan lainnya.

"Ribuan orang hadir, ada sekitar 700 orang datang dari Kalimantan sejak kemarin," ujarnya.

Ia juga membacakan manakib atau sejarah hidup Al Habib Muhsin adalah seorang Mursyid Thariqah Alawiyah Naqsyabandiyah. Seorang mursyid yang mempunyai jemaah puluhan ribu yang tersebar di berbagai daerah di Nusantara.

"Habib muhsin juga dikenal sebagai pendakwah agama Islam di daerah Kalimantan. Di tanah Borneo ini jemaahnya menyebar hingga ke pelosok pedalaman di Banjarmasin dan Pontianak,” tuturnya.

Sedangkan ceramah agama diisi oleh Habib Syafiq bin Ali Ridho bin Syekh Abu Bakar dari Jakarta. Dalam ceramahnya, ia meyampaikan apabila ingin dibanggakan Nabi Muhammad dan dicintai Allah, pemimpin jangan menoleh ke belakang, Harus tegak lurus untuk membawa ummatnya mendekat kepada Allah SWT.

Ia mencontohkan, Sayidina Ali yang diperintah Nabi Muhammad sebagai panglima perang dalam pembebasan . Nabi menyuruh Ali jangan menoleh ke belakang, dan dia menjawab panggilan Rasulullah dengan tetap berjalan lurus tidak menoleh lagi.

"Akhirnya penaklukan ini bisa membawa orang kafir bisa mengenal Allah. Nabi membanggakan ummatnya yang berjuang mengenalkan orang kepada Allah," tuturnya.

Habib syafiq juga menekankan perlunya menuntut ilmu yang dapat mendekatkan diri kepada Allah.

"Kita ingin menjadi ummat yg dibanggakan nabi dan dicintai Allah. maka belajarlah ilmu yg bisa mendekatkan kepada Allah," ucapnya. (sbi/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Pikap Pengangkut Cabe Terguling di Jalur Pantura Situbondo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO