Jadikan Sisi Timur Alun-Alun Sebagai Pusat Kuliner, Pemkot Blitar 'Berhadapan' dengan Burung Kuntul

Jadikan Sisi Timur Alun-Alun Sebagai Pusat Kuliner, Pemkot Blitar Sejumlah PKL yang sudah direlokasi ke sisi timur alun-alun.

KOTA BLITAR, BANGSAONLINE.com berencana menertibkan para PKL yang selama ini berjualan di sisi utara .

Mereka akan dipindah ke sisi timur alun-alun yang akan dijadikan sebagai pusat kuliner. Hal itu dilakukan sebagai upaya penataan pedagang kaki lima (PKL) di kawasan alun-alun agar tidak terkesan kumuh.

Nantinya, akan membuatkan lapak semi permanen bagi para pedagang agar dapat berjualan. Sedangkan sisi utara alun-alun akan dimanfaatkan menjadi lahan parkir.

Sejumlah pedagang yang sudah direlokasi ke timur alun-alun rata-rata mengaku senang. Menurutnya, tempatnya berdagang kali ini lebih nyaman.

Hanya saja, ada kendala yang dihadapi PKL. Yakni masih banyaknya penghuni berupa yang sering membuang kotorannya di atas tenda tempat mereka berjualan.

Sekretaris Daerah Kota Blitar Priyo Suhartono saat dikonfirmasi soal keberadaan tersebut mengatakan pihaknya akan berupaya mengusir hewan bersayap tersebut dengan halus.

"Solusinya ya seminggu sekali dibersihkan. Populasinya dikurangi. Ya, diusir secara halus, ya, di-WA-lah nya satu-satu," ujar Priyo, Kamis (5/1/2023).

Menurutnya, selama ini keberadaan PKL di sisi utara alun-alun menimbulkan kesan kumuh dan macet. Hal itu sudah berlangsung selama berpuluh-puluh tahun.

Total ada 35 PKL di sisi timur alun-alun yang terdiri atas 21 pedagang kuliner dan sisanya pedagang mainan anak-anak. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO