Gubernur Khofifah Tawarkan Ekspor Dua Komoditas Unggulan Jatim saat Terima Konjen RRT

Gubernur Khofifah Tawarkan Ekspor Dua Komoditas Unggulan Jatim saat Terima Konjen RRT Gubernur Khofifah saat menerima kunjungan kerja Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok Xu Yong di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur menerima kunjungan kerja Konsulat Jenderal (Konjen) Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xu Yong di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (3/1/2023). Dalam agenda tersebut, banyak potensi kerja sama yang dibahas, mulai dari penjajakan bidang ekonomi, perdagangan, pendidikan dan juga bidang investasi.

Pada Konjen RRT Xu Yong, gubernur secara khusus menawarkan kerja sama perdagangan untuk komoditas dan sarang burung walet dari Jawa Timur. Ia mengatakan bahwa dua barang itu adalah komoditas ekspor unggulan yang sangat berpotensi di masa depan.

"Saya menyampaikan harapan agar Jawa Timur utamanya petani dan walet agar bisa mendapat akses pasar yang lebih luas di Tiongkok," ujarnya.

Menurut dia, produksi di Jawa Timur merupakan yang terbesar di Indonesia. Porang merupakan salah satu sumber pangan yang terkategori low carbo, low calorie and gluten free dan selama ini tujuan market terbesarnya adalah ke Tiongkok.

"Saya harap nanti Pak Konjen bisa mengundang investor untuk datang ke sini, ke pabriknya langsung atau invest untuk membangun pabrik disini untuk memperluas potensi pasar bagi petani disini," tuturnya.

Selain itu, pasar yang juga potensial dari Jatim yang ditawarkan ke Tiongkok adalah sarang burung walet. Ia menegaskan bahwa dari total produksi walet nasional, 30 persennya ada di Jatim.

Dengan produksi yang besar Gubernur meyakini bahwa komoditas sarang burung walet Jatim akan bisa memenuhi kebutuhan konsumsi Sarang Burung Walet di Tiongkok yang populer dikonsumsi para balita di sana.

"Jika kita bisa mencari titik temu perdagangan untuk dua komoditas tersebut, maka akan luas perannya bagi petani-petani dan sarang burung walet asal Jatim," harap .

Optimisme kerjasama perdagangan tersebut, disebut juga mengacu pada kinerja perdagangan Jatim-Tiongkok yang pada kurun waktu Januari-Oktober 2022 menunjukkan geliat yang signifikan.

Tercatat nilai ekspor Jawa Timur ke Tiongkok sebesar US$ 2.697,87 juta, sedangkan impornya sebesar US$ 5.869,01 juta, mengalami defisit sebesar US$ 3.171,14 juta.

Capaian tersebut membuat RRT berada di urutan ke-3 sebagai negara tujuan ekspor tertinggi dari Jatim dan berada di urutan pertama sebagai negara asal Impor ke Jawa Timur.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO