Pakde Karwo Berlabuh ke Partai Golkar

Pakde Karwo Berlabuh ke Partai Golkar Politikus Senior Partai Golkar, Ridwan Hisjam. Foto: M. DIDI ROSADI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com , mantan Gubernur Jawa Timur dua periode akhirnya berlabuh ke Partai . Pria yang akrab disapa Pakde Karwo itu sebelumnya adalah kader Partai dan sempat memimpin Partai Jawa Timur selama dua periode.

Politikus senior Partai , Ridwan Hisjam menyampaikan, masuk kepengurusan di DPP Partai sebagai Wakil Ketua Dewan Pakar. Hal itu berdasarkan Surat Keputusan Nomor.2 SKEP-492/DPP//XI/2022 tanggal 22 November 2022.

"Isinya yaitu susunan Dewan Pakar DPP Partai masa bhakti 2019-2024 hasil perubahan. Yaitu, mengangkat Dr. H. SH MHum sebagai Wakil Ketua Dewan Pakar DPP Partai . Sedangkan Ketua Dewan Pakar DPP Partai sendiri saat ini adalah Ir. Agung Laksono,” ujarnya, Senin (2/1/2023) malam.

Anggota Fraksi Partai DPR RI ini mengungkapkan, keputusan Pakde Karwo bergabung dengan Partai sebenarnya tidak mengejutkan. Sebab, politikus berlatar belakang birokrat.

Bahkan sempat menjadi Sekdaprov, jabatan birokrat tertinggi di Pemprov Jatim sebelum terpilih menjadi Gubernur Jawa Timur pada pilkada 2008. Kemudian terpilih lagi dalam pilkada 2013.

"Doktrin Partai itu adalah karya dan kekaryaan sehingga wajar kalau yang berlatar belakang birokrat berlabuh ke Partai ," ujar Tatok, panggilan akrab Ridwan Hisjam.

Saat ini, tercatat sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres RI). Mantan orang nomor satu di Jatim asal Madiun itu juga sempat menjadi Komisaris Utama PT Semen Indonesia, pascamenyelesaikan masa jabatan sebagai Gubernur Jatim.

Sebelum mantan Ketua Umum PA GMNI ini bergabung di Partai , menantunya Bayu Airlangga telah lebih dulu bergabung di kepengurusan DPD Partai Jatim. Atas keputusannya itu, Bayu melepas statusnya sebagai Anggota Fraksi Partai DPRD Jatim dan Wakil Ketua Komisi A DPRD Jatim.

Bayu adalah Plt Sekretaris DPD Partai Jatim yang berkompetisi dengan Wagub Jatim sekaligus Plt Ketua DPD Partai Jatim, Emil Dardak sebagai Calon Ketua DPD Partai Jatim. Dalam Musda VI itu, Bayu Airlangga mendapat dukungan 25 DPC, sedangkan Emil Dardak didukung 13 DPC. Namun DPP Partai lebih memilih Emil Dardak sebagai Ketua DPD Partai Jatim periode 2022 - 2027. (mdr/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO