7 Cara Presentasi yang Baik Disertai Contoh Terbaru 2023

7 Cara Presentasi yang Baik Disertai Contoh Terbaru 2023 Ilustrasi

BANGSAONLINE.com - Sudah paham cara presentasi yang baik dan benar? Jika belum, pelajari mulai dari contoh pembukaan presentasi, cara penyampaian, hingga penutupannya secara mendalam lewat artikel yang satu ini. Semakin baik, tentu respons audiens akan semakin positif!

Apa itu presentasi? Presentasi adalah kegiatan untuk menyajikan informasi atau ide kepada audiens secara lisan atau visual. Tujuan dari presentasi adalah untuk menyampaikan informasi tersebut dengan jelas agar mereka dapat memahami materi yang disampaikan.

Presentasi dapat dilakukan secara langsung di depan audiens atau melalui media seperti video atau webinar untuk menjelaskan produk atau layanan, menyampaikan laporan hasil penelitian, hingga menyajikan ide-ide baru. Hal ini bisa disesuaikan berdasarkan tujuannya.

Proses kegiatan biasanya dimulai dengan pembukaan presentasi, pembahasan isi, lalu diakhiri dengan penutup presentasi yang baik. Meski terkesan mudah, tetapi presentasi bisa tergolong sulit jika kita tidak menyiapkannya secara matang.

Minimalisir kesalahan agar presentasi Anda berhasil. Simak cara pesentasi yang baik dan benar sebagai berikut.

7 Cara Presentasi yang Baik dan Benar

1. Persiapkan Materi secara Matang

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum melakukan presentasi adalah menyiapkan materi yang akan dipresentasikan. Pastikan Anda mengetahui materi dengan baik dan memiliki gambaran umum tentang bagaimana Anda akan menyajikannya.

Anda juga perlu memastikan bahwa Anda memiliki semua bahan yang diperlukan, seperti slide presentasi atau gambar, untuk membantu menjelaskan materi. Biasakan untuk mengecek dan review seluruh materi sebelum memulai presentasi agar tidak kelupaan di tengah-tengah.

2. Buat Struktur Presentasi

Setelah menyiapkan materi, selanjutnya adalah membuat struktur atau outline presentasi yang jelas. Ini akan membantu Anda menyusun materi secara logis dan memudahkan audiens mengikuti alur presentasi.

Buatlah beberapa titik utama yang akan dibahas, lalu susun semuanya secara merunut dari awal sampai akhir. Usahakan agar penyusunan tersebut logis dan mudah dicerna.

3. Gunakan Platform Pembuat Presentasi Terbaik

Saat ini, sudah banyak yang bisa digunakan untuk membuat presentasi. Salah satu yang bisa dicoba adalah pembuat presentasi Canva. Cara membuatnya juga mudah, mulai dengan memilih template, lalu masukkan materi presentasi ke dalam slide.

Atur setiap elemen desain mulai dari warna, logo, bingkai, hingga font. Hasil presentasi dapat ditampilkan secara online atau cetak dalam kualitas tinggi.

4. Latih Kemampuan Presentasi

Latihan presentasi sebelum waktunya, akan membantu Anda terbiasa dengan materi dan menyajikannya dengan lancar. Coba latihan di depan cermin atau teman dekat untuk mendapatkan umpan balik. Perbaiki apa saja yang perlu diperbaiki.

Sebagai contoh, pelafalan saat presentasi mesti dibangun sebaik mungkin agar audiens mengerti apa yang Anda bicarakan. Banyak kasus presentasi terasa membosankan karena sang pemateri menyampaikan presentasi secara datar tanpa intonasi.

5. Sampaikan Materi dengan Jelas

Mulailah dengan melakukan pembukaan presentasi terlebih dahulu. Perkenalkan siapa diri Anda, tujuan, dan materi apa yang hendak dibahas. Setelah itu, masuk pada inti presentasi.

Jelaskan materi dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami oleh audiens. Gunakan contoh atau analogi untuk membantu menjelaskan materi yang kompleks. Jangan terlalu teknis atau menggunakan istilah yang tidak dikenal oleh audiens.

6. Jaga Kontak Mata dengan Audiens

Jaga kontak mata dengan audiens selama presentasi untuk menunjukkan bahwa Anda tertarik dan terhubung dengan mereka. Ini juga dapat membantu Anda mengetahui apakah audiens mengerti materi yang Anda sampaikan atau tidak.

7. Akhiri Presentasi dengan Baik

Setelah selesai menyajikan materi, jangan lupa untuk mengakhirinya dengan penutup yang baik. Berikan kesempatan peserta untuk bertanya, tak lupa rangkum semuanya dalam penjelasan intisari secara singkat.

Contoh Presentasi Singkat Terbaru 2023

Judul:

"Manfaat Media Sosial dalam Kehidupan Sehari-hari"

Outline:

I. Pendahuluan

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO