Wujudkan Lulusan Berkarakter Qur'ani, UTM Gelar Sertifikasi Mahasiswa Pembimbing Al-Quran

Wujudkan Lulusan Berkarakter Qur Rektor UTM Dr. Safi' memberikan sambutan dalam raker bidang akademik, Selasa (27/12/2022).

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Rektor () Dr. Syafi berharap lulusan tidak hanya melahirkan sarjana yang memiliki kompetensi sesuai bidangnya, tapi juga punya landasan nilai-nilai qur'ani. Dengan demikian, para sarjana lulusan mampu mengalirkan kebaikan, kemanfaatan, dan kemaslahan bagi kehidupan manusia.

Hal itu disampaikan Syafi saat penutupan sertifikasi pembimbing Al Qur'an dengan metode Ummi bagi 18 peserta mahasiswa yang digelar oleh fakultas keislaman bekerja sama dangan Lembaga Tafaqquh Fiddin di bawah naungan Takmir , Selasa (27/12/2022).

Syafi berharap, 18 hafidz- yang mengikuti sertifikasi kali ini mampu menularkan ilmunya kepada mahasiswa yang lemah dalam membaca Al-Qur'an.

"Jangan berhenti di sertifikasi, karena sertifikasi hanya sebatas bukti memiliki kompetensi. Kewajibannya adalah mengajarkan kepada mereka yang belum lancar membaca Al-Quran," pesannya kepada peserta sertifikasi.

Ia pun meminta peserta yang sudah belajar selama 1 bulan berkomitmen menyebarkan ilmunya kepada mahasiswa lain, untuk mewujudkan kampus sebagai lembaga pendidikan yang memberikan manfaat dan keberkahan.

Sementara, Taufiqurrahman Hasbullah, Takmir , menjelaskan sertifikasi ini sebagai bentuk tanggung jawab moral atas keberadaan masjid dalam memancarkan nur kepada seluruh civitas akademika .

Diketahui, sejak tahun 2020, masjid yang berada di lingkungan ini merekrut mahasiswa dari berbagai fakutas yang memiliki kemampuan membaca dan menghafal Al-Quran. Mereka dijadikan pembimbing bagi mahasiswa yang lemah membaca Al-Qur'an.

"Kegiatan di Lembaga Tafaqquh Fiddin tidak hanya pemahaman baca Al-Quran, namun ada sholawatan dan dzikir serta bahtsul masail kitab kuning bagi mahasiswa yang mumpuni di bidang kitab kuning," pungkasnya. (uzi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswi Baru Asal Banyuwangi Diperkosa 2 Kali oleh Pemilik Kos di Bangkalan Saat Sedang Haid':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO